Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Atap Rumah Minimalis - Desain Atap Rumah Sederhana

Sedikit orang yang memperhatikan detail atap sebuah rumah. Jika Anda melihat sebuah bangunan rumah minimalis, apa yang menjadi fokus Anda pertama kali? Cat tembok rumah yang berwarna elegan dan warna-warni, pagar rumah minimalis yang cantik dan menarik, atau taman rumah tersebut? Jarang yang memperhatikan satu aspek penting dalam susunan rumah minimalis yaitu atap rumah minimalis. Bagaimanakah atap rumah yang terbaik untuk rumah minimalis?

Atap untuk rumah minimalis

Pilihan Bahan Atap Rumah Minimalis yang Terbaik

Terdapat beberapa pilihan bahan untuk atap rumah minimalis yang selalu tersedia di toko bangunan, misalnya yang berbahan lempung (yang biasanya digunakan oleh orang Jawa, yang biasanya diproduksi sendiri untuk rumah mereka), atap rumah yang terbuat dari metal, genteng keramik yang biasanya digunakan untuk rumah modern, atau atap rumah dengan bahan beton. masing-masing bahan genteng memiliki kualitas dan harga yang tentunya berbeda. Untuk rumah minimalis di kalangan menengah ke bawah, biasanya orang akan lebih memilih menggunakan bahan genteng yang terbuat dari lempung atau tanah liat yang dikeraskan. Sementara untuk kalangan menengah ke atas, pilihan akan dijatuhkan pada genteng berbahan beton atau baja.

Fungsi dan Kenyamanan

Kembali ke dasar utama dalam membangun sebuah rumah minimalis dengan konsep sederhana, atap rumah minimalis diperlukan untuk menjaga seluruh isi rumah, dari panas dan hujan. Dengan landasan ini, pilihlah bahan atap yang sesuai dengan rumah Anda. Pastikan Anda memasang genteng yang kokoh dan tahan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Rentan waktu penggantian genteng mungkin agak lama, jadi usahakan Anda memasang genteng yang aman, kokoh, dan tahan dari air hujan. Perhatikan juga dalam pemasangan genteng yang baik untuk rumah minimalis yaitu kemiringan pada 30 sampai 40 derajat, karena jika Anda memasang atap rumah minimalis kurang dari ukuran tersebut, dapat dipastikan rumah Anda akan  rentang kebocoran saat musim hujan.

Atap Rumah Minimalis sebagai Dekorasi Tambahan

Selain sebagai komponen penting dalam sebuah rumah, atap rumah minimalis juga dapat dijadikan dekorasi tambahan dalam arsitektur sebuah bagunan rumah sederhana dengan konsep minimalis. Misalnya, Anda ndapat memilih warna genteng yang sesuai dengan cat tembok rumah minimalis yang sedang Anda rencanakan. Cokelat, hitam, dan abu-abu seringkali dijadikan pilihan warna atap rumah minimalis yang cocok untuk desain exterior rumah sederhana. Selain akan tampak mengkilat dan bagus saat terpasang, genteng dapat menambahkan kesan minimalis pada rumah.  

Tidak ada yang dapat menandingi rasa nyaman berada dalam sebuah rumah milik sendiri, terlebih lagi kita sendiri yang menyusun segala persiapan dalam membangun rumah tersebut mulai dari menentukan denah rumah minimalis, dekorasi rumah minimalis yang dapat dipilih sesuka hati kita asal sesuai dengan buget, dan juga arsitektur rumah sederhana yang dapat kita sesuaikan dengan keinginan mereka. Dengan menampilkan atap rumah minimalis  yang terbaik, setiap orang yang melihat dan datang ke rumah Anda juga akan ikut merasakan kenyamanan yang Anda dan sekeluarga nikmati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Atap Rumah Minimalis - Desain Atap Rumah Sederhana