Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Fungsi Denah Rumah Sederhana yang Mumpuni

Denah rumah sederhana biasanya hadir sebagai pelengkap brosur rumah yang disediakan bagian pemasaran pengembang atau pelaku bisnis properti. Denah rumah sederhana ini biasanya berbentuk coretan gambar grafis tanpa warna.

Sketsa denah rumah sederhana

Denah rumah sederhana diperlukan oleh mereka yang hendak membangun atau membeli  rumah sederhana. Denah berguna sebagai patokan pembangunan rumah atau sebagai bagian dari perencanaan anggaran biaya pembangunan. Dengan membaca denah, bisa diperkirakan seberapa banyak material yang dibutuhkan untuk membangun rumah.

Pada denah rumah sederhana juga akan tampak seberapa sederhana kondisi sebuah rumah, bagaimana desain bangunannya, dan bahan apa saja yang digunakan. Denah rumah sederhana akan digambar sedemikain rupa, sehingga tampak seolah-olah dilihat dari bagian atas, tanpa atap.
Pada denah akan tampak posisi jendela, posisi pintu, ruangan-ruangan, berikut ukurannya. Denah rumah sederhana juga akan menampilkan luas ruangan atau luas bangunan, sehingga orang yang membutuhkan informasi akan bangunan rumah sederhana yang tergambar pada denah akan terpuaskan.   

Denah rumah sederhana tampak depan

Keterangan Denah

Denah rumah sederhana akan menampilkan beberapa keterangan seperti skala untuk menunjukkan laus bangunan/tanah, bahan-bahan yang digunakan, juga luas ruangan. Pada denah rumah sederhana akan tampak bahwa bangunan tidak terlalu luas, biasanya hanya terdiri dari dua kamar agak besar atau tiga kamar berukuran kecil. Fasilitas ruangan pun bisanya standar saja, terdiri dari ruang tamu, ruang tengah atau ruang keluarga, kamar, dapur, dan kamar mandi.

Pada denah rumah sederhana akan tampak bahwa kelebihan luas tanahnya tidak begitu banyak. Selain itu, walaupun tidak dijelaskan dalam denah, namun rumah sederhana biasanya menggunakan bahan produk dalam negeri berkualitas baik.

Desain Eksterior yang Mumpuni

Banyak orang mengira bahwa rumah sederhana itu jelek. Padahal tidak demikian, karena rumah sederhana pun bisa saja didesain dalam model mutakhir dan modern, sehingga tidak kehilangan unsur artistiknya.  Rumah sederhana juga bisa diberi taman yang atraktif seperti halnya rumah mewah. Hanya, yang membedakan adalah luas taman dan bahan-bahan yang digunakan. Taman pada rumah sederhana biasanya tidak banyak menggunakan bebatuan hias yang mahal, namun dengan keahlian desain eksterior yang mumpuni, di lahan terbatas pun bisa saja tercipta taman yang bernilai seni. Hal paling penting adalah kemampuan desainer eksterior dalam menjaga proporsi taman dalam berbagai aspek.  
 
Contoh denah rumah sederhana dan rumah yang sudah jadi

Denah rumah sederhana pun biasanya menampilkan taman, jika memang ada. Dalam denah, walaupun hanya gambar kecil berupa coretan grafis, segala informasi telah termuat di dalamnya.

Rencana Membangun Rumah

Jika Anda berniat membangun rumah sederhana, biasanya pelaksana projek akan membuat denah rumah sederhana terlebih dahulu. Dalam hal ini, denah berfungsi sebagai rancangan bangunan yang bisa dikoreksi, diperbaiki, atau dilengkapi sesuai kebutuhan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fungsi Denah Rumah Sederhana yang Mumpuni