Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Desain Denah Rumah Minimalis

Bagaimana cara menciptakan desain denah rumah minimalis? Ada banyak cara, tentu. Pertama-tama, Anda perlu menentukan tema, lalu merealisasikan ide atau gagasan yang Anda miliki ke dalam tema tadi. Anda juga bisa meminta masukan dari orang-orang terdekat seperti sahabat, suami, istri, atau kerabat.


Gagasan denah rumah minimalis pada mulanya berawal dari gerakan pembatasan eksplorasi alam secara berlebihan di benua Amerika dan Eropa. Pembatasan eksplorasi ini mengarah pada upaya pelestarian lingkungan hidup, dan akhirnya merembet ke berbagai desain serba minimal, dan salah satunya desain rumah minimalis.


Cara membuat desain denah rumah minimalis bisa didapatkan lewat berbagai referensi seperti koran, majalah, internet, dan sebagainya.  Bagaimana seharusnya membuat desain denah rumah mininalis? Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan panduan.

  1. Desain denah rumah minimalis sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak ruangan. Dengan demikian, sekat-sekat ruangan juga dihadirkan seminimal mungkin. Ruangan yang serba luas dan lega merupakan bagian dari konsep tata ruang minimalis.
  2. Desain denah rumah minimalis terdiri dari ruangan serba kotak, dengan dinding serba lurus. Pada denah rumah minimalis, desain rumah nyaris tak memiliki kelokan atau bentuk-bentuk melingkar, walaupun hal itu dimungkinkan sebagai variasi pada bentuk bangunan.
  3. Denah rumah minimalis terdiri dari ruangan-ruangan standar seperti ruang tamu, ruang tidur, ruang makan atau ruang tengah. Jika lahan yang tersedia cukup luas, maka ruang-ruang standar itu pun dibuat lebih luas.
  4. Pada desain denah rumah minimalis, penggunaan bahan-bahan alami seperti batu koral, kayu, atau aneka jenis batuan pipih berwarna ‘dingin’ kerap dianjurkan sebagai variasi pada dinding pagar atau dinding depan rumah bagian atas.
  5. Desain denah rumah minimalis mempertimbangkan tata letak instalasi perlistrikan yang nantinya akan dipasang pada bangunan.
  6. Desain denah rumah minimalis dibuat sedemikian rupa sehingga dengan melihat denah ini, bisa tampak bayangan atau gambaran mengenai rencana kasar desain interiornya.
  7. Ruangan-ruangan yang terdapat pada denah rumah minimalis benar-benar fungsional dan berdasarkan asas manfaat, sehingga seluruh bagian ruangan didesain dengan tujuan tertentu, dan tak ada space yang diciptakan begitu saja, tanpa peruntukan.

Demikianlah tips untuk menciptakan denah rumah minimalis. Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan cat untuk dinding ruangan. Warna-warna yang dipilih untuk desain rumah minimalis umumnya merupakan warna netral yang terkesan sejuk seperti abu-abu, krem, variasi abu-abu dan putih, variasi abu-abu dan hitam, atau variasi krem dan cokelat gelap.


Merancang desain denah rumah minimalis ini memang gampang-gampang susah. Jika perlu, berkonsultasilah dengan arsitek atau drafter ketika Anda menuangkan berbagai gagasan atau ide untuk merancang desain denah rumah minimalis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Desain Denah Rumah Minimalis