Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Desain Interior Ruang Keluarga Minimalis

Bagaimana cara merancang desain interior ruang keluarga minimalis? Dalam rumah dengan desain apapun, ruang keluarga termasuk bagian penting, karena bagian yang satu ini merupakan lokasi tempat berkumpulnya keluarga di sore hingga malam hari, setelah di siang harinya sibuk dengan aktivitas masing-masing.


Desain interior ruang keluarga minimalis umumnya lebih menekankan pada aspek efisiensi. Pemilihan furniture atau barang-barang yang hendak ditempatkan di ruang keluarga umumnya berupa perabotan simpel yang tidak makan tempat, namun kehadirannya benar-benar dibutuhkan.


Desain interior ruang keluarga minimalis juga lebih menekankan pada sisi kenyamanan, karena selain tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga, ruangan ini pun bisa berfungsi sebagai tempat untuk bersantai. Penyimpanan benda-benda pajangan yang terlalu banyak di ruangan ini pun sebaiknya dihindari, karena tidak fungsional, bahkan hanya menambah sempit ruangan yang ada.

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menata desain interior ruang keluarga minimalis? Ini dia.

  1. Umumnya, desain interior pada rumah minimalis berupa gabungan dua area publik utama, yakni makan dan ruang keluarga. Ciptakanlah ruangan yang tampak lapang dengan tidak memasang penyekat ruangan di antara ke dua blok area publik ini.
  2. Pilihlah furniture bergaya minimalis dengan bahan dan warna-warna yang cerah dan ringan seperti warna putih, krem,  atau coklat muda. Selain furniture, perabotan yang digunakan sebaiknya jenis clean cut atau yterlihat serba lurus dan rapi.
  3. Untuk kursi, sebaiknya dipilih sofa bergaya minimalis. Sofa jenis ini lebih langsing dibanding sofa model biasa. Pilihan sofa ini lebih pas dibanding kursi yang terbuat dari kayu atau logam, karena selain sebagai tempat duduk, sofa juga memiliki fungsi sebagai tempat bersantai atau rebahan.
  4. Sebagai tambahan aksesori ruangan, pilihlah benda-benda yang multifungsi, dengan model yang tidak ribet dan tanpa ornamen berlebihan. Untuk tirai, bisa dipilih kain dari bahan polos dengan warna yang selaras dengan warna dinding ruangan.
  5. Jika ingin menghadirkan lampu hias di ruang keluarga, gunakan lampu gantung dengan desain lurus atau berupa gabungan batang-batang kristal. Di pasaran, lampu gantung jenis ini cukup banyak ragam dan variasinya. Tinggal pilih saja sesuai kebutuhan.
  6. Untuk hiasan dinding pada desain interior ruang keluarga minimalis, sebaiknya dipilih foto, lukisan, atau gambar artistik dalam ukuran besar dalam pigura yang simpel, namun tidak  banyak. 
  7. Usahakan agar ruangan keluarga ini mendapatkan sinar matahari yang cukup di pagi hari, yang bertujuan untuk menyegarkan ruangan, membunuh bakteri, dan menghilangkan aroma tidak enak di ruangan keluarga Anda.
  8. Jika ingin menggunakan sedikit warna mencolok atau motif ceria, cobalah aplikasikan pada bantal kursi, sehingga bagian ini akan tampak beda, dan merupakan pusat perhatian dalam hal warna.

Demikianlah trik penataan ruang minimalis yang bisa Anda jadikan referensi. Selamat berkreasi dan mereka-reka desain interior ruang keluarga minimalis Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desain Interior Ruang Keluarga Minimalis