Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Desain Interior Rumah Mungil Minimalis

Desain interior pada rumah mungil minimalis membutuhkan siasat tersendiri, karena luas rumah yang terbatas. Rumah mungil minimalis umumnya hanya memiliki dua kamar. Tak berbeda dengan rumah berukuran besar, rumah mungil minimalis pun bisa saja tampil atraktif, asalkan menggunakan konsep pengelolaan ruangan yang benar-benar tepat. Pada rencana desain interior rumah mungil minimalis, usahakan agar setiap jengkal luas rumah termanfaatkan secara baik. Selain itu, peletakan perabotan rumah pun perlu diatur sedemikian rupa, sehingga terlihat efisien dan fungsional.

Satu hal perlu diingat bahwa dalam menata desain interior rumah minimalis, walaupun tampak mungil, namun upayakan agar rumah terlihat lebih lega dari ukuran yang sebenarnya. Dengan demikian, penggunaan perabotan minimalis merupakan hal yang tak dapat ditawar-tawar lagi. Berikut ini adalah beberapa langkah dalam menentukan desain interior rumah mungil minimalis.

Desain interior dari rumah minimalis

Ruang Tamu

Agar ruang tamu tidak tampak sempit, pilihlah furniture minimalis yang terbuat dari logam atau kayu dengan model serba langsing. Hindari furniture minimalis jenis sofa. Walaupun bermodel minimalis, namun furniture sofa tetap berukuran lebih tebal dan lebar ketimbang bahan kayu atau logam. Jika ingin menggunakan aksesori ruangan, pilihlah benda-benda yang bisa ditempel di dinding, sehingga bisa menghemat ‘lahan’ ruang tamu. Untuk lampu hias, pilihlah lampu gantung berbentuk sederhana, dan hindari lampu hias duduk yang bisa makan tempat. Pilihlah tirai tanpa corak dengan aksen bentuk-bentuk geometris di bagian bawahnya. Tirai jenis ini cukup banyak terdapat di pasaran. Selain itu, hindari tirai yang terlalu tebal dengan warna mencolok, karena tirai jenis ini hanya membuat ruang tamu tampak sempit.

Ruang Tidur

Pilihlah tempat tidur dan lemari model minimalis yang ‘miskin’ ornamen, sehingga tampak ringan, sederhana, dan tidak makan tempat. Perabotan di dalam kamar tidak perlu banyak, sehingga ruangan tidak tampak sesak. Kamar tidur cukup diisi perabotan standar seperti lemari, tempat tidur, meja rias, dan meja sudut kecil jika perlu. Pilihlah warna cat yang terang dan lembut untuk kamar minimalis Anda, agar suasana kamar tampak nyaman dan bisa membangkitkan mood Anda.

Ruang Dapur

Sama seperti ruangan lainnya sebaiknya dapur pun menggunakan perabotan minimalis dengan bentuk simpel. Untuk lemari dapur, gunakan lemari yang bisa ditempel di dinding, untuk menghemat tempat. Demikian pula dengan rak-rak kecil.

Desain interior dapur rumah minimalis

Usahakan agar tidak mengisi dapur dengan perabotan yang terlalu banyak, agar dapur tampak lega dan rapi.   Pastikan terdapat jendela dan  ventilasi udara yang memadai di dapur, agar udara di dalam ruangan tetap menyegarkan ketika aktivitas memasak sedang berlangsung.

Demikianlah beberapa langkah dalam menentukan desain interior rumah mungil minimalis. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan ‘paksa’ rumah untuk menampung berbagai barang yang tidak berguna, sehingga desain interior rumah mungil minimalis Anda nantinya benar-benar jempolan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desain Interior Rumah Mungil Minimalis