Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Taman Rumah Minimalis yang Menarik Hati

Taman rumah minimalis kini jadi bagian tak terpisahkan dari rumah dengan desain minimalis. Salah satu syarat rumah sehat adalah adanya tumbuhan atau kawasan hijau, yang bisa ‘memasok’ oksigen di siang hari.


Sudah banyak diketahui orang bahwa selain menyegarkan, sekumpulan tumbuhan yang terdapat di sekitar rumah akan mendatangkan manfaat cukup besar bagi kesehatan. Akar-akar tumbuhan bisa bermanfaat sebagai penahan erosi jika bidang tanah yang ditanami tumbuhan ini memiliki kontur menurun. Selain itu, akar tumbuhan juga bisa mengawetkan kandungan air di dalam tanah.


Desain Eksterior Tetap Penting

Kehadiran sekumpulan tumbuhan dipercaya bisa meningkatkan level keindahan sebuah rumah, tak terkecuali pada rumah dengan desain minimalis. Ya, walaupun dinamakan model rumah minimalis, namun hal ini bukan berarti meninggalkan desain eksteriornya. Penataan taman tetaplah merupakan hal penting.

Jika Anda tengah merencanakan penataan taman rumah minimalis, perhatikanlah jenis-jenis tanaman yang hendak dipilih, karena dalam taman rumah minimalis, umumnya tumbuhan yang dipilih memiliki postur tinggi langsing, dan tidak begitu rimbun. Kalaupun ada tumbuhan berdaun rimbun, kehadirannya tidak mendominasi taman.


Tips membuat taman Rumah Minimalis

Mungkin, Anda membutuhkan tips mengenai perencanaan taman rumah minimalis, agar taman yang Anda desain sendiri bisa menghasilkan penampilan maksimal. Bagaimana caranya? Ini dia.


  1. Pertama-tama, tentukan luas taman rumah minimalis Anda. Lalu buatlah sketsa taman, dan tentukan jenis-jenis tumbuhan apa saja yang diperlukan. Ciptakan pula tata letak tumbuhan.  Posisikan tanaman yang lebih tinggi di belakang tanaman pendek.
  2. Sebaiknya jenis tanaman tidak terlalu beragam. Tiga atau empat jenis tanaman sudah cukup bagi taman rumah minimalis. 
  3. Penataan taman tidak begitu padat. Artinya, ada beberapa bagian taman yang dibiarkan kosong, dan hanya terdiri dari rumput hijau menghampar.
  4. Jenis tumbuhan favorit dalam taman rumah minimalis biasanya berupa batang-batang artistik seperti pohon bambu cina, kaktus jari,  cempaka putih, dan lain-lain. Sedangkan tumbuhan pendek yang disukai biasanya lili paris atau daun kriminil. Jika menginginkan satu atau dua batang tanaman besar tinggi, pohon palem botol bisa dijadikan pilihan.
  5. Pada rumah dengan desain minimalis, biasanya taman lebih diposisikan sebagai bagian dari desain eksterior, dan sangat jarang ada rancangan taman di dalam rumah, seperti misalnya di ruang makan.

Halaman rumah dengan desain minimalis sangat jarang ditanami pohon buah-buahan. Bisa jadi, hal ini lantaran pengaruh desain rumah minimalis yang memang berasal dari Barat. Perlu diketahui bahwa di Barat, menanam pohon buah-buahan di halaman rumah tidaklah membudaya seperti halnya di Indonesia.

Jika Anda menyukai koleksi tanaman buah, tak ada salahnya Anda memilih tambulampot alias tanaman buah dalam pot, sehingga keberadaannya tidak menyita tempat di taman rumah minimalis Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Taman Rumah Minimalis yang Menarik Hati