Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Tips Rumah Sederhana Modern

Konsep rumah sederhana modern kini semakin banyak diminati orang. Beberapa hal yang mendorong masyarakat lebih memilih model rumah sederhana modern ketimbang rumah mewah berukuran besar, di antaranya adalah:

  • Alokasi biaya untuk rumah sederhana modern akan lebih ekonomis daripada harus membangun rumah mewah yang luas.
  • Di era serba sibuk seperti sekarang, dengan aktivitas yang padat sebagaimana dialami masyarakat perkotaan, maka rumah sederhana adalah pilihan yang pas, karena tak kan menguras banyak waktu dan tenaga untuk mendesain dan merapikannya.
  • Bagi keluarga kecil, tipe rumah sederhana modern sangatlah memadai dan efisien, karena semua ruangan ditata dan digunakan secara fungsional.

 
Tips Rumah Sederhana Modern

Dengan aneka nilai plus minusnya, sekarang Anda dapat mengatur desain arsitektur rumah sederhana modern Anda. Lalu, tips apa saja yang bisa diaplikasikan untuk mendapatkan rumah idaman ideal? Dan bagaimana caranya agar tata letak ruangan tidak padat atau kelewat berdesakan? Selebihnya, tips rumah sederhana modern seperti apa pula yang dapat diterapkan supaya rumah Anda terlihat elegan dan eksklusif, meskipun tidak terlalu luas?


Berikut ini adalah beberapa tips yang – mudah-mudahan – bisa dijadikan panduan untuk mengatur rumah sederhana modern Anda, sehingga suasana yang nyaman dan menyenangkan dapat tercipta.

  1. Ketika mendirikan rumah sederhana modern, perlu diingat agar kita tidak selalu terpaku pada terma 'sederhana'-nya. Masalahnya, jika kita kelewat terpasung pada kata sederhana, maka  bisa jadi, tanpa sadar kita mengabaikan aneka komponen yang sepertinya tampak sepele, namun sebenarnya sangat berguna.
  2. Sebaiknya, tatalah ruang tamu sedemikian rupa sehingga tampak luas dari ukuran yang sesungguhnya. Memiliki ruang tamu yang lapang dapat memberikan kesan bangunan yang lebih luas. Apalagi, biasanya konsep desain rumah sederhana modern memusatkan hampir semua kegiatan anggota keluarga aktivitas di ruang tamu, lantaran tidak adanya ruang keluarga, atau ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu. Dengan demikian, dianjurkan luas ruangan tamu bagi rumah sederhana setidak-tidaknya 3 x 6 m. Dengan ruang tamu seluas ini, Anda masih bisa menempatkan sofa, televisi, dan meja mungil di tempat tersisa.
  3. Rumah sederhana modern umumnya terdiri dari 2 kamar. Satu kamar tidur merupakan kamar utama, sedangkan ruang tidur yang satunya lagi merupakan kamar tidur untuk anak-anak.
  4. Ada baiknya ruangan dalam kamar mandi didesain lebih luas, sehingga seluruh anggota keluarga merasa nyaman saat membersihkan badan. Jika di rumah hanya terdapat satu kamar mandi,maka sediakanlah tempat cuci ekstra yang diposisikan di luar kamar mandi sebagai area untuk mencuci pakaian atau mencuci sepatu.
  5. Rumah sederhana modern sebaiknya mengaplikasikan cat tembok warna cerah, agar ruangan di dalam rumah terkesan lebih lega. Selain itu, hindari terlalu banyak sekat ruangan, agar efek luas pada ruangan lebih kuat lagi.


Dengan menerapkan beberapa tips rumah sederhana modern ini, Anda bisa mendapatkan tempat tinggal yang nyaman, eksklusif, dengan anggaran yang tidak besar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Rumah Sederhana Modern