Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Tips Membuat Denah Rumah Minimalis 1 Lantai

Anda ingin membuat sendiri denah rumah minimalis 1 lantai? Anda ingin membuat sendiri rancangan rumah impian Anda? Maka Anda tepat sekali datang ke sini, karena halaman ini akan membahas tips membuat denah rumah minimalis 1 lantai.
 
Denah rumah minimalis 1 lantai

Rumah minimalis memang mengedepankan kesederhanaan yang dipadukan dengan modern. Selain sederhana dan modern, efisiensi akses ke segala tempat juga harus diperhitungkan. Ini akan membuat segala tempat dalam bagian rumah bisa dicapai dengan cepat tanpa ada banyak halangan.

Efisiensi di sini bisa diterapkan dengan bersatunya ruang tamu, ruang keluarga dan dapur tanpa ada satupun pintu yang menghalangi. Mungkin bisa diberi sekat agar ruang tamu dan ruang keluarga terpisah. Namun, dapur dan ruang keluarga ada baiknya agar tetap menyatu.


Halaman Penghijauan

Pertama-tama yang harus diperhatikan adalah luas tanah. Dalam denah rumah minimalis 1 lantai sudah pasti tanah tidak akan terlalu luas. Dibutuhkan beberapa sentuhan arsitek yang bagus agar rumah tetap terasa lega dan nyaman meski dibangun di atas tanah yang tidak terlalu luas.
Adanya halaman depan rumah juga merupakan sesuatu yang penting. Jangan abaikan hal itu, bagaimanapun juga, sebuah rumah tentu tidak akan lengkap tanpa adanya halaman rumah untuk sedikit penghijauan dan kesegaran. Halaman depan ini tentu bisa dihias apa saja sesuai kreativitas Anda. Sedangkan keberadaan halaman belakang sebenarnya tidak terlalu penting atau bisa disebut opsional.

Ruang Tamu

Karena ini adalah denah rumah minimalis 1 lantai maka sebaiknya terdapat 3 kamar tidur. Selain itu efisiensi juga harus diperhatikan ada baiknya 3 kamar tidur ini diletakkan saling berdekatan dan langsung ke ruang keluarga. Sehingga tentu akan sangat efisien dan tidak memakan tempat. Akan sangat memakan tempat bila dibuat semacam lorong yang memisahkan kamar-kamar tidur ini.

Penataan interior di bagian dalam pada denah rumah minimalis 1 lantai juga cukup vital. Hal ini menentukan nyaman atau tidaknya rumah minimalis ini untuk dihuni. Ruang tamu biasanya harus lebih diperhatikan dalam penataan interior. Karena ruang tamu adalah ruang yang akan lebih diperhatikan oleh orang lain yang berkunjung.


Selain itu, jangan ada terlalu banyak furniture di dalam rumah. Karena memang rumah minimalis tidak terlalu luas, terlalu banyak barang hanya akan menimbulkan kesan sebagai rumah yang sempit. Tentu saja, tidak banyak orang yang menginginkan suasana sempit di rumah.

Mengatur Pencahayaan

Dalam membuat denah rumah minimalis 1 lantai, hal yang pasti diperlukan dalam pembuatan denah rumah adalah pencahayaan. Aturlah pencahayaan dalam rumah Anda. Usahakan semua daerah di dalam rumah dapat terkena cahaya matahari. Cahaya matahari dapat membantu memperkuat rumah Anda, sehingga rumah akan lebih awet dan tahan lama.

Nah, di zaman sekarang ini, rumah minimalis sangat diminati oleh kebanyakan masyarakat, lantaran tampak simpel, tapi terkesan modern dan gaya. Tapi, walaupun simpel, ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan denah rumah minimalis 1 lantai ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Membuat Denah Rumah Minimalis 1 Lantai