Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Tips Merawat Furniture Minimalis Modern Berbahan Logam

Anda mempunyai furniture minimalis modern berbahan logam? Anda baru memilikinya dan belum tahu mengetahui bagaimana cara merawatnya secara tepat? Jangan khawatir, di sini penulis akan berbagi beberapa tips merawat furniture minimalis modern berbahan logam.
Contoh furniture minimalis modern mewah

Furniture minimalis modern memang lebih identik dengan furniture yang berbahan kayu ataupun rotan. Karena itu furniture minimalis modern yang berbahan logam seperti aluminium memang kurang populer. Bahkan dalam penempatannya pun kebanyakan furniture berbahan logam diletakkan di bagian dapur.

Terasa Janggal

Desain dapur minimalis memang seringkali identik dengan perpaduan furniture logam dan furniture dari kayu. Karena perpaduan warna dari keduanya akan menimbulkan kesan segar dan tidak kaku. Hal inilah yang menyebabkan mengapa furniture minimalis berbahan logam lebih banyak dijumpai di dapur.


Selain itu, prinsip dari furniture minimalis modern itu sendiri. Bahwa suatu furniture harus ditempatkan di tempat yang cocok dan benar agar tidak menimbulkan kejanggalan. Furniture yang terbuat dari logam sah-sah saja bila diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga, yang penting penataannya tepat, dan cukup serasi dengan perabotan lainnya.
Nah, tanpa berlama-lama lagi inilah tips merawat furniture minimalis modern berbahan logam.

1. Bersihkan Secara Teratur

Hal ini tentu berbeda dengan furniture dari kayu yang dalam urusan membersihkan jangan terlalu sering. Furniture berbahan logam justru harus sering dibersihkan. Metode pembersihannya pun harus diperhatikan dengan baik. Bisa menggunakan kain lap kering atau menggunakan cairan pembersih. Lalu keringkan hingga benar-benar kering. Namun dalam mengeringkan disarankan jangan dijemur di terik matahari, karena justru malah akan mempercepat pengkaratan logam.

2. Memperhatikan Bagian Bawah Furniture Logam

Bagian bawah seperti kaki-kaki juga harus diperhatikan. Bila Ada sedikit saja karat segera tambal atau lakukan pengecatan ulang. Karena logam bila sudah berkarat bahkan akan lebih lemah daripada kayu.


3. Buatlah Furniture Senantiasa Mengkilap

Furniture minimalis modern yang mengkilap tentu akan lebih nyaman dilihat. Untuk memengkilapkan dapat menggunakan semacam wax untuk kendaraan bermotor atau bahan-bahan khusus memengkilatkan logam lainnya.

4. Bersihkan Secepat Mungkin Bila Ada Kotoran

Hal ini juga sangat penting. Karena kotoran kecil pun dapat menyebabkan terjadinya pengaratan, tentu saja diperlukan perawatan yang intensif dan teratur terhadap furniture berbahan logam. Furniture ini juga sebenarnya bisa sangat awet dan tahan lama bila dirawat dengan benar dan serius.

Satu hal lagi perlu diingat, furniture eksterior (furniture yang diletakkan di luar rumah), biasanya lebih berisiko terkena karat. Karena diletakkan di luar ruangan, furniture ini akan terkena dinginnya malam, lembapnya subuh, dan panasnya siang hari, sehingga cenderung tidak akan awet. Karenanya, perawatan furniture minimalis modern eksterior berbahan logam ini harus lebih intensif lagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Merawat Furniture Minimalis Modern Berbahan Logam