Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Atap dingin, Atap model baru

Atap dingin, mungkin Anda baru mendengarnya sekarang, apa sajakah yang perlu Anda ketahui mengenai jenis atap ini? Apakah atap dingin itu? Atap dingin adalah jenis atap yang dapat mengurangi efek panas ke dalam rumah tempat tinggal. Ini bisa dikarenakan bahan dan ukurannya. Atap dingin sendiri memiliki nama lain atap rooftop, orang-orang banyak mengenalnya dengan nama tersebut namun sebagian orang lagi mengenal dengan istilah atap dingin bahkan ada yang belum pernah mendengar mengenai atap ini sama sekali. Atap dingin/rooftop terbuat dari bahan UPVC atau Unplasticizide Polyvinly Chloride. Bahan ini yang menyebabkan efek sejuk, dikarenakan adanya rongga udara atau Twin Wall, di mana memiliki fungsi untuk insulasi penahan panas juga anti suara berisik. Fungsi kedua inilah yang merupakan keunggulan rooftop, karena banyak pemilik rumah yang menginginkan tidak adanya suara berisik (kedamaian).

Contoh aplikasi penggunaan atap dingin/rooftop di kafe star bucks

Keuntungan menggunakan atap dingin (Rooftop)

Beberapa keuntungan menggunakan atap dingin yaitu udara sejuk tanpa perlu adanya pemasangan insulasi lagi, waktu hujan tidak berisik tidak seperti genting atau atap biasa, juga tidak akan berkarat, anti UV, aman dari penjalaran listrik dan api sehingga mengurangi risiko kebakaran. Untuk harga atap dingin sendiri kurang lebih Rp. 105.000,00/m''. Namun, biasanya perusahaan akan memberikan pengurangan harga untuk pembelian dalam volume banyak. Di Indonesia sendiri atap dingin sudah mulai digunakan di perumahan-perumahan mewah.

Bila Anda ingin melihat aplikasi penggunaan atap dingin, Anda bisa coba mampir dan melihat-lihat atap pabrik, mall, tempat olahraga, gudang dan juga pertokoan. Sebagian besar dari tempat-tempat itu sudah mengaplikasikan atau menggunakan atap dingin. Namun, tidak berarti atap dingin tidak dapat digunakan untuk Rumah loh.

Untuk pemasangan Anda tidak perlu khawatir, perusahaan yang menjual atap dingin (rooftop) tentu sudah berpengalaman dan tidak ingin pembelinya kesulitan, mereka tentu saja sudah mempersiapkan teknisi atau mungkin tukang spesialis yang berpengalaman dalam memasang rooftop atap dingin ini. Jadi, Anda hanya perlu menyiapkan uang yang cukup saja. Atap dingin juga bisa dipasang dalam bentuk lengkung, ini biasanya digunakan pada gudang besar, untuk menghemat dinding dan mempermudah pemasangan, bayangkan jika menggunakan atap biasa atau seng, bisa sangat menyiksa terutama seng, karena akan sangat terasa panas bagi pegawai gudang tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Atap dingin, Atap model baru