Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Desain terbaru keramik untuk Kamar Mandi

Desain keramik kamar mandi, salah satu elemen penting di kamar mandi adalah keramik. Keramik kamar mandi merupakan bahan yang pertama kali dilihat oleh orang ketika masuk kamar mandi, dikarenakan jika tidak melihat ke lantai maka akan terpeleset. Jadi, dalam memilih desain keramik kamar mandi, harus diperhatikan pula keamanannya selain estetika.

Keramik sendiri memiliki motif, ada motif abstrak dan ada juga motif yang tersusun rapi. Pemilihan motif tergantung pada selera Anda. Selain motif, keramik juga ditentukan oleh warna yang dipilih. Warna keramik bisa terdiri dari satu warna, dan juga bisa kombinasi beberapa warna.

Desain keramik kamar mandi


Bahan-bahan untuk keramik sendiri ada bermacam-macam. Bahan keramik contohnya batu alam, kaolin dan kuarsa. Namun belakangan sudah ada teknologi untuk membuat keramik kamar mandi disebut pula keramik halus atau keramik teknik. Keramik halus dibuat menggunakan oksida-oksida logam. Namun, ada pula keramik yang masih dibuat dengan cara tradisional dari tanah liat. Tentu, dengan harga yang lebih mahal untuk memperolehnya. Itu bila Anda ingin memilih keramik kamar mandi berdasarkan bahannya.


Perlu Anda ingat, bahwa keramik kamar mandi tidak selalu dijadikan lantai saja, namun keramik bisa juga digunakan sebagai tembok kamar mandi, karena desainnya yang elegan dan mengkilap, serta bisa menghemat penggunaan cat tembok. Selain lebih hemat, tentu saja kesan ekslusif dapat Anda peroleh di kamar mandi Anda.

Tips lebih tentang desain keramik kamar mandi. Bila tidak ingin suasana kamar mandi yang membosankan, gunakan kreatifitas perpaduan antara furniture kamar mandi dengan tembok keramik. Contohnya bisa Anda lihat pada foto di bawah ini.


Penggunaan keramik bisa juga digunakan pada kamar mandi kecil minimalis dan sederhana. Karena ukuran keramik ada bermacam-macam, tinggal sesuaikan saja dengan luas kamar mandi Anda. Gunakan juga variasi peletakan keramik/penempelannya, bisa dibuat posisi vertikal, jadi tidak hanya horizontal saja, dibuat miring dan sebagainya, gunakanlah imajinasi Anda.


Mungkin Anda juga khawatir dengan cara membersihkan keramik. Anda tidak perlu khawatir, karena penggunaan keramik untuk kamar mandi mudah dibersihkan, beda dengan lantai semen. Namun yang perlu diperhatikan adalah lumut pada keramik, kadangkala lumut akan muncul apabila keramik sering tergenang air. Jika keramik memang sudah berumur, Anda bisa melakukan renovasi, lebih baik bayar lebih dibandingkan mengancam keamanan keluarga Anda karena terpeleset, jangan anggap remeh terpeleset di kamar mandi.

Pemasangan keramik kamar mandi lebih baik dilakukan terakhir, karena keramik rapuh, sehingga sangat sayang apabila keramik yang sudah terpasang rusak akibat pekerjaan lainnya yang diselesaikan belakangan. Kedua yaitu permukaan tanah yang mau dipasang keramik harus sudah bersih, cukup kering tapi jangan terlalu kering serta rata dengan air. Ketiga sebelum keramik dipasang di kamar mandi, keramik sebaiknya direndam di air terlebih dahulu, dan dibersihkan terlebih dahulu pada bagian bawah keramiknya. Keempat, jalur pemasangan keramik dipasang benang ukur, supaya pemasangan keramik rata tidak naik turun karena akan memperburuk estetika ruangan kamar mandi apabila miring-miring. Khusus untuk keramik tembok kamar mandi, jangan berikan beban yang terlalu berat. Terakhir, saat anda pertama kali membeli keramik, pastikan keramik memiliki seri serta golongan sama karena produk keramik melalui proses pembakaran temperatur tinggi sehingga perbedaan warna dan ukuran kerap terjadi dan sering. Oh iya, jangan lupa juga saat membeli keramik pastikan motif, seri dan ukuran yang dibeli cukup jumlahnya, jangan sampai kurang, apalagi ketahuannya saat setengah keramik sudah terpasang. Sekian tentang desain keramik kamar mandi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desain terbaru keramik untuk Kamar Mandi