Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Inspirasi Desain Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis lebih mengutamakan konsep kesederhanaan. Ada banyak desain yang bisa dipilih saat membangun sebuah rumah, namun mengapa orang sangat menyukai desain minimalis? Tentu ada banyak alasan kuat yang melatarbelakangi pilihan tersebut. Pertama, minimalis identik dengan kerapihan dan kebersihan. Iya, merawat rumah yang kecil dan ringkas sepertinya lebih mudah daripada merawat rumah yang besar dan mewah seperti sebuah istana. Tidak ada yang melarang anda untuk memiliki rumah besar, namun konsep minimalis merupakan solusi bagi anda yang membenci kerumitan.

Konsep desain rumah minimalis

Konsep ini sebenarnya telah ada sejak lama, namun belakangan kembali menjadi buah bibir di kalangan pecinta properti. Rumah minimalis memakan lebih sedikit tempat. Jenis rumah ini memang identik dengan lahan yang sempit. Sebenarnya luas lahan tidak terlalu berpengaruh terhadap pengaplikasian style ini. Hanya saja, rumah berukuran kecil lebih cocok dengan konsep ini. Jika anda memiliki rumah yang cukup besar dan ingin memakai konsep minimalis, silakan saja. Hasilnya adalah akan ada lebih banyak ruang terbuka di dalam rumah anda. Dengan membatasi jumlah perabotan di dalam rumah, otomatis akan lebih banyak ruang kosong yang bisa anda manfaatkan untuk kebutuhan lain. Inilah alasan lain mengapa orang sangat menyukai desain minimalis. Rumah yang kecil akan tampak besar, sementara rumah yang besar akan tampak lebih besar lagi.




Konsep minimalis sebenarnya tidak hanya tentang mengurangi jumlah perabotan di dalam rumah, namun bagaimana anda memanfaatkan setiap ruang dengan tepat guna. Misalnya saja, anda memiliki sebuah dapur yang relatif kecil, kemudian anda ingin memasukkan beberapa furniture ke dalamnya. Katakanlah dapur anda hanya cukup menampung 5 item berukuran besar, sementara ada banyak perabotan yang anda inginkan, mulai dari kulkas, pemanggang roti, oven, meja countertop, lemari, rak pencuci piring, dll. Dengan begitu banyaknya pilihan, anda harus membuat daftar prioritas. Mana yang akan diutamakan, anda harus pintar-pintar memilih perlengkapan sesuai dengan kegunaannya.

Gagasan setiap orang terkait desain rumah minimalis berbeda-beda. Namun secara umum, desain minimalis adalah bagaimana membuat rumah terlihat ringkas dengan tidak mengorbankan sisi fungsionalitas dan estetis. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu. Pertama, warna cerah merupakan teman setia dari desain ini. Warna cerah, saat diaplikasikan pada sebuah ruangan akan menciptakan ilusi seolah-olah ruangan tersebut tampak lebih besar. Selain itu, warna cerah yang natural seperti biru, hijau, dan krem bisa membangkitkan rasa tenang. Warna cerah ada banyak, namun beberapa terlalu kuat sehingga kurang tepat untuk mendekorasi ruangan tertentu. Misalnya, kamar tidur merupakan tempat dimana anda seharusnya beristirahat dan menenangkan pikiran. Mendekorasi kamar tidur dengan dominasi warna merah bisa membuat anda tidak tenang.

Tips desain rumah minimalis

Anda perlu tahu bagaimana menentukan warna pada setiap ruangan sesuai dengan psikologi warna. Mengapa? Karena setiap warna pada dasarnya memiliki karakternya masing-masing. Bermain dengan warna "kuat" boleh-boleh saja, namun kombinasikan dengan warna yang lebih lembut. Misalnya saja, tembok dicat dengan warna biru, sofa dengan warna merah, tempat tidur dengan warna kuning, dsb. Cara lain mengaplikasikan konsep minimalis adalah dengan memakai pola sederhana. Geometri, garis horizontal, vertikal, etnik, flora, ada banyak pola yang bisa dibubuhkan pada setiap elemen di rumah anda, namun pola yang sederhana akan membuat konsep minimalis semakin terasa. Sementara itu, pemilihan tema juga sangat penting pada desain minimalis. Setiap Negara di seluruh dunia memiliki desain rumah yang khas, dan tentu saja ada banyak pola dan desain berbeda yang ditawarkan. Beberapa style seperti Bohemian dan Mediterranian sangat identik dengan pola kompleks, sehingga kurang tepat untuk desain rumah minimalis. Lebih bijaklah dalam menentukan tema sebab itu akan menentukan arah dan tujuan anda dalam mendekorasi seisi rumah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inspirasi Desain Rumah Minimalis