Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

6 Tipe Rumah Minimalis

Tipe rumah minimalis bila didasarkan pada luas area tanah terdapat 6 tipe yaitu tipe 21, 36, 45, 50, 54, dan 60. Tipe 21 sudah jelas merupakan tipe rumah minimalis dengan luas tanah yang paling kecil. Namun, yang menjadikannya rumah minimalis itu bukanlah luas atau tidak luasnya tanah, namun nuansa modern dalam rumah itulah yang menjadikan bangunan ini disebut tipe rumah minimalis.


Indonesia termasuk salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Bahkan pertumbuhan penduduknya pun tergolong tinggi. Tentu saja pertumbuhan penduduk yang tinggi akan memicu banyaknya permintaan akan tempat tinggal. Di zaman modern ini, rumah dengan desain minimalislah yang paling banyak dicari oleh orang-orang.

Hal ini sudah pasti bakal dimanfaatkan oleh para pengusaha real estate dan investor perumahan. Mereka beramai-ramai membangun perumahan yang bergaya minimalis. Meski rumahnya tidak begitu luas, namun kesan modern itulah yang dijadikan trademark bangunan hunian minimalis itu.

Rumah Minimalis Tipe 36 dan 45 Paling Laku di Pasaran

Dari semua tipe rumah minimalis yang didasarkan dari luas tanah, tipe rumah minimalis 36 dan 45 lah yang paling laku di pasaran. Hal ini tentu disebabkan dengan daya beli masyarakat Indonesia yang memang didominasi oleh kaum menengah kebawah.


Soal harga, sebuah rumah minimalis tipe 36 dijual dengan harga kisaran 150-300 juta rupiah di Jakarta. Untuk diluar Jakarta, rumah minimalis tipe 36 dijual dibawah 200 juta rupiah. Untuk tipe 45 dijual dengan kisaran harga 300-400 juta rupiah di Jakarta dan dibawah 300 juta rupiah bila di luar Jakarta.

Mungkin, harganya agak  mahal bila diperhitungkan dengan rumah biasanya. Namun, yang membuatnya menjadi mahal tentu saja adalah nuansa modern-nya itu, serta popularitasnya yang tengah naik daun, sehingga harga jualnya pun sontak terdongkrak.

Denah dan Sketsa

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki tipe rumah minimalis, namun tidak memiliki budget sebanyak itu, Anda tidak perlu khawatir. Karena di internet sudah banyak bertebaran denah-denah dan sketsa-sketsa rumah minimalis. Anda tinggal memilih salah satunya dan membuatnya di lahan kosong. Dengan cara ini, jumlah uang yang akan Anda keluarkan akan lebih sedikit dibanding membeli langsung rumah yang sudah jadi. Namun, diperlukan kesabaran tentunya karena membangun rumah sudah pasti memakan waktu apalagi kalau sedang musim hujan.


Nah, bila Anda sudah memiliki salah satu dari tipe rumah minimalis ini, maka desain interiornya sudah pasti harus diperhatikan. Perlu diingat bahwa rumah minimalis menekankan pada konsep modern dan efisiensi peletakan ruangan. Efisiensi peletakan ruangan itu – misalnya – jumlah pintu lebih sedikit, beberapa ruangan terlihat menyatu, tidak banyak sekat ruangan, dan lain-lain. Nah, apakah Anda ingin mempunyai salah satu dari tipe rumah minimalis?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Tipe Rumah Minimalis