Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Ciri-ciri Desain Interior Minimalis

Desain interior minimalis merupakan pilihan utama bagi rumah dengan gaya bangunan minimalis. Sebagaimana diketahui, bangunan rumah minimalis umumnya serba simpel, tanpa banyak ornamen tambahan. Karena karakteristik ini, rumah-rumah dengan model minimalis biasanya memiliki ruangan yang cenderung tampak lapang.

Desain funky interior minimalis

Berkarakter Sama

Kelapangan itu sebenarnya bukan karena ruangannya yang benar-benar lebar dan luas, tapi lantaran desain ruangannya yang mengesankan suasana luas. Semua ini dipicu model bangunan yang serba lurus dengan garis-garis tegas.

Ruangan yang tampak luas ini membuat desain interior minimalis bisa diaplikasikan secara leluasa. Agar tidak mengganggu konsep desain minimalis, sebaiknya dipilih furniture berkarakter sama, yakni serba simpel. Adanya perbedaan warna tak masalah, yang penting seluruhnya bernada minimalis.

Ruang tamu dengan desain interior yang minimalis

Level Desain Interior Minimalis

Dilihat dari kadar atau levelnya, desain interior minimalis sendiri terdiri dari beberapa tingkatan, yakni:

  1. Desain interior minimalis murni. Pada desain interior minimalis murni, seluruh furniture rumah tangga terdiri dari 100% gaya minimalis. Demikian pula dengan aneka aksesori ruangan seperti lampu duduk, pigura, meja sudut, atau lampu gantung. Seluruhnya terdiri dari desain simpel tanpa banyak lekukan dan lengkungan, serta didominasi bentuk-bentuk lurus. Aksesori ruangan yang dipajang pun tidak banyak. Sementara itu, tirai-tirai merupakan bahan polos berwarna netral. Kalaupun ada aksen, biasanya hanya terdapat pada bagian ujung bawah atau bagian pinggirnya.
  2. Desain interior minimalis menengah. Pada desain interior tingkat menengah, biasanya variasi warna dalam ruangan lebih banyak dibanding desain interior minimalis murni. Pada beberapa bagian terdapat motif atau corak, walaupun motif itu termasuk simpel dan tidak banyak menggunakan jenis warna. Penggunaan aksesori ruangan sedikit lebih banyak dibanding desain interior murni.
  3. Desain interior minimalis campuran. Desain interior minimalis yang satu ini merupakan gabungan desain interior minimalis dengan gaya konvensional. Desain bagian dalam bangunan merupakan gaya minimalis, namun pemilihan furniture tidak seluruhnya terdiri dari perabotan minimalis. Walaupun demikian, unsur minimalisnya tetap lebih dominan. Ciri utama desain interior minimalis adalah ruangan yang nyaman, tidak terlihat sempit, dan didominasi bahan serba polos. Desain interior minimalis umumnya banyak dipilih oleh mereka yang menyukai kepraktian,  aktif dan memiliki kesibukan yang cukup padat. Desain interior minimalis mengesankan suasana modern futuristik, terlebih jika pemilihan furniture-nya terdiri dari bahan-bahan logam yang digabung bahan kaca. Kelebihan dari bahan ini adalah mudah dibersihkan, dan perawatannya jauh lebih mudah dibanding furniture yang terbuat dari kayu. 
Ruang istirahat berdesain interior minimalis

Nah, desain interior minimalis manapun yang hendak dipilih, jangan lupakan bahwa desain serba simpel ini membutuhkan keserasian antara perabot yang satu dengan lainnya, sehingga terhindar dari kesan ‘tabrakan’.  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri-ciri Desain Interior Minimalis