Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Desain Interior Rumah Minimalis – Simpel Tapi Elegan

Bisa jadi, setiap orang pernah membayangkan bisa memiliki rumah sendiri. Jika sudah memiliki rumah sendiri, maka muncullah bayangan berikutnya, yakni bagaimana cara menata desain interiornya.  Nah, jika Anda beruntung telah memiliki rumah bergaya minimalis, lalu bagaimanakah perencanaan Anda dalam hal desain interior rumah minimalis ini?


Rumah minimalis sebenarnya tak beda dengan rumah dengan desain sederhana atau simpel. Model bangunannya serba tegas, tidak banyak ornamen, dengan dinding yang dicat warna-warna sejuk. Kalaupun kadang mencuat warna cat yang mencolok seperti oranye atau merah, hal itu sekedar aksen, dan proporsinya jauh lebih sedikit dibanding warna utama yang sejuk tadi.   

Lebih Efisien dan Fungsional

Desain interior adalah bagian penting dari sebuah bangunan rumah minimalis, sehingga perlu direncanakan secara matang. Tanpa ada rencana desain dan perencanaan tata ruang, kelak akan sulit bagi penghuni rumah untuk menata isi rumahnya. Dengan kata lain, bagian dalam rumah wajib ditata secara baik agar penghuninya bisa mendapatkan kenyamanan yang mumpuni.

Zaman sekarang, desain rumah minimalis dan rumah minimalis sederhana telah berhasil menarik minat masyarakat, karena model rumah ini memberikan kesan  sejuk, nyaman, dan tertata rapi, sehingga cukuk enak dilihat. Desain rumah minimalis juga merupakan solusi jitu untuk mengakali rumah dengan ukuran kecil, sehingga lebih efisien dan fungsional 

Interior Minimalis

Dalam menciptakan desain interior rumah minimalis, beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya adalah masalah desain ruangan, ornamen, perabotan rumah, juga warna. Elemen-elemen ini sebaiknya tergabung dalam satu keserasian, dan tidak ada satu komponen pun yang mendominasi. Untuk mengawali desain interior ini, mulailah dengan menata satu ruangan penting, yang merupakan pusat dari berbagai kegiatan seluruh penghuni rumah. Jika urusan yang satu ini beres, barulah menata seluruh ruangan lainnya, disesuaikan dengan kebutuhan. 


Komponen penting dalam desain interior rumah minimalis adalah model furniture yang bisa menjadi data tarik suatu konsep desain ruang. Dalam desain interior rumah minimalis, sebaiknya jumlah furnitur secukupnya saja, dan memiliki konsep senada dengan komponen lainnya yang terdapat dalam ruangan. Alhasil, desain interior rumah minimalis Anda akan istimewa, tanpa kesan sempit atau sesak.

Furniture yang Cocok

Walaupun furniture minimalis yang terbuat dari kayu cukup banyak di pasaran, namun bahan furnitur paling pas untuk difungsikan dalam rumah minimalis adalah perabotan berbahan kaca atau logam seperti alumunium atau besi. Selain mudah dirawat, furniture jenis ini pun terkesan modern, elegan, dan futuristik.


Penggunaan furniture dengan aksesori serba  simpel akan memberian kesan lapang pada ruang minimalis. Kelebihan lainnya dari perabotan simpel ini adalah perawatannya yang relatif mudah dan tidak ribet. Dalam desain interior rumah minimalis, sebaiknya hindari motif maupun corak yang kelewat ramai, agar tidak mengganggu konsep minimalisnya.

Nah, ulasan desain interior rumah minimalis ini dicukupkan sampai di sini. Jika ingin menambah referensi, silakan cek artikel terkait, yakni Denah Rumah Minimalis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desain Interior Rumah Minimalis – Simpel Tapi Elegan