Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Ciri-ciri Design Rumah Sederhana

Desain rumah sederhana umumnya dibuat sesimpel dan seefektif mungkin, karena rumah sederhana biasanya tidak terlalu luas. Contoh desain rumah sederhana bisa didapatkan dalam berbagai referensi, baik dalam bentuk media cetak maupun media online. Dalam berbagai gambar, desain rumah sederhana tampak atraktif dan artistik, walaupun desainnya serba minimalis dan sederhana. Hal ini karena pemilihan perabotan yang tepat baik model maupun ukurannya, sehingga cukup matching dengan desain rumah sederhana.

Ciri rumah sederhana
Desain rumah sederhana tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya. Walaupun begitu, ada satu kesamaan, yakni bagian depan rumah selalu ditata sedemikian rupa sehingga tampak baik dan artistik. Bagaimanapun, bagian depan rumah akan menjadi kesan pertama bagi orang yang melihat dari luar atau orang yang bertama kali bertamu ke rumah yang bersangkutan. Secara rinci, desain rumah sederhana memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini. 

Ruangan Rumah Sederhana

Karena tidak begitu luas, dan umumnya berupa rumah tipe 36, ruangan dalam rumah sederhana standar-standar saja, yakni terdiri ruang tamu, dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan.

Karena jumlah ruangan yang ada tergolong pas-pasan, bagi penghuni rumah  dengan jumlah anggota keluarga agak banyak, biasanya lebih memilih desain rumah sederhana 2 lantai. Dalam desain rumah sederhana 2 lantai, biasanya kamar utama terletak di lantai bawah, dan sisanya, dua atau tiga kamar, diposisikan di lantai atas. Dalam desain rumah sederhana 2 lantai ini, bagian bawah jadi lebih luas dan bisa digunakan seusai kebutuhan.   

Design rumah sederhana
Ruang Dapur Rumah Sederhana

Ruang dapur pada desain rumah sederhana didesain dengan tata ruang minimalis, agar dapat memberikan kesan lebih luas. Motif keramik cukup simpel, dengan desain bak cuci piring yang juga simpel, dalam ukuran mungil atau ukuran standar.

Ruang dapur dalam desain rumah sederhana dianjurkan memiliki jendela agak besar atau sirkulasi udara yang baik. Umumnya, dapur rumah sederhana memang tidak begitu luas, sehingga membutuhkan fasilitas pergerakan udara yang mumpuni, agar udara dalam ruangan tidak pengap ketika aktivitas memasak sedang berlangsung.
     
Kamar Mandi dan Tempat Cuci

Pada desain rumah sederhana tipe 36 hanya terdapat satu kamar mandi. Namun, jika didesain dengan 2 lantai untuk keluaga besar, satu kamar mandi lagi bisa dibangun di lantai atas. Rumah sederhana biasanya dilengkapi fasilitas tempat cuci terbuka untuk mencuci pakaian yang diposisikan di bagian belakang rumah atau dekat dapur.

Desain Pagar Rumah Sederhana

Desain pagar dibuat dalam bentuk sederhana tapi manis, berupa batang-batang lurus yang besambungan atau desain-desain lainnya yang serupa dengan itu. Pada desain rumah sederhana, pagar dibuat tidak kelewat tinggi, untuk memberikan kesan ramah kepada para tamu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri-ciri Design Rumah Sederhana