Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Memilih Bentuk Rumah Sederhana

Bagaimana cara memilih atau menentukan bentuk rumah sederhana? Nah, jika Anda sedang mempunyai rencana membangun atau tengah mencari rumah yang paling tepat untuk tempat tinggal Anda dan keluarga, maka sebagai langkah pertama, hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah mencari bentuk rumah sederhana yang sesuai dengan kebutuhan. 

Bentuk desain rumah sederhana
Bentuk rumah sederhana masa kini, umumnya tak beda dengan model rumah simpel atau minimalis. Harga atau biaya pembangunannya tak selalu ‘sederhana’, bergantung pada kualitas  bahan atau material yang digunakan untuk membangun rumah. Umumnya, rumah sederhana berukuran tipe 36 atau 45.

Lalu, bagaimana bentuk rumah sederhana yang sebaiknya Anda pilih? Walaupun pemilihan bentuk rumah sederhana sangat bergantung pada selera dan kebutuhan, namun berikut ini ada beberapa trik dasar untuk memilih bentuk rumah sederhana, yang mungkin bisa Anda jadikan referensi. 
 
  1. Bentuk rumah sederhana yang tidak terlalu luas sebaiknya tidak memiliki banyak kelokan dan hanya memiliki dua kamar tidur. Kelokan hanya membuat rumah terkesan lebih sempit. Agar lebih luas, rumah sederhana tipe kecil juga sebaiknya hanya terdiri dua ruang tidur, sehingga area kamar tidak melahap area ruang tamu atau ruang keluarga.
  2. Bentuk rumah sederhana tipe kecil pun biasanya memiliki garasi untuk penyimpanan kendaraan, walaupun garasi itu tidak begitu luas. Umumnya, garasi memiliki akses langsung ke dalam rumah, baik melalui pintu samping ataupun pintu dapur. Sebaiknya, Anda memilih bentuk rumah sederhana yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Perlu diketahui, kendaraan roda empat walaupun dalam keadaan mati tetap menimbukan zat polutan dan aroma yang tidak enak. Jika tidak ada sirkulasi udara yang baik, maka aroma mesin yang berasal dari kendaraan yang terparkir ini bisa menyebar melalui pintu masuk ke dalam rumah, sehingga berefek  mengurangi kebersihan udara.
  3. Bentuk rumah sederhana idaman Anda juga sebaiknya dilengkapi tanaman untuk memenuhi persyaratan rumah sehat. Selain itu, sebaiknya rumah bisa mendapatkan pasokan cahaya matahari dengan cukup.   
  4. Jika Anda termasuk orang yang sering menerima tamu, maka ruang tamu yang lebih luas sangatlah dianjurkan, untuk menciptakan kenyamanan berkomunikasi dengan para tamu. Akan tetapi, jika Anda merupakan orang sibuk yang jarang di rumah, dan dipastikan jarang menerima tamu, maka Anda bisa mengistimewakan ruang keluarga, yang dibentuk lebih luas untuk menampung aktivitas dan tempat berkumpulnya seluruh anggoa keluarga.

Pada dasarnya, pilihan dan bentuk rumah sederhana sangat cocok bagi pasangan yang baru menikah atau keluarga kecil dengan satu atau dua orang anak. Selebihnya, kini cara mendapatkan rumah sederhana relatif mudah, dan tak harus membeli secara cash jika kondisi keuangan belum mencukupi. Sekarang tersedia berbagai fasilitas kredit perumahan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan rumah sederhana dengan cara mencicil. Nah, sebelumnya, pastikan dulu ihwal bentuk rumah sederhana yang Anda butuhkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Memilih Bentuk Rumah Sederhana