Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Desain Rumah Sederhana – Serba Kotak dan Garis

Rumah sederhana adalah bangunan hunian sederhana yang tidak terlalu luas, dengan harga relatif terjangkau. Namun, sebenarnya desain rumah sederhana tak harus sesederhana harganya. Desain rumah sederhana bisa saja dibuat mewah, namun tetap dengan anggaran kecil, sehingga harganya tetap ‘sederhana’.
 
Desain rumah simpel sederhana serba kotak dan garis

Pilihan desain rumah sederhana yang paling dianjurkan adalah gaya rumah minimalis. Dengan memilih desain rumah yang satu ini, anggaran pembiayaan rumah tak akan membengkak, karena desain minimalis tidak membutuhkan banyak ornamen. Walaupun demikian, pemilihan bahan tetap harus menggunakan material berkualitas. Agar harganya relatif murah, bisa dipilih produk dalam negeri yang berkualitas cukup baik.

Menciptakan Kesan Luas

Karena rumah sederhana umumnya tidak begitu luas, maka desain rumah sederhana perlu menekankan tata ruang yang bisa memberikan kesan luas. Untuk itu, perlu dipilih warna cat rumah yang netral, namun cenderung terang. Warna terang lebih memberikan kesan luas. Sebaliknya, warna-warna yang cenderung gelap akan memberikan kesan ruangan yang lebih sempit.

Selain itu, agar rumah tampak luas, sebaiknya desain rumah sederhana tidak menggunakan banyak ornamen, baik pada dinding, jendela, maupun pintu. Membiarkan semuanya tampak polos akan lebih baik.  Jika menginginkan sedikit aksen, bisa berupa tambahan garis lurus simetris maupun asimetris, baik berupa tonjolan maupun pewarnaan menggunakan cat.

Taman Pada Rumah Sederhana
 
Siapa bilang rumah kecil tak boleh memiliki taman? Sebagai salah satu persyaratan rumah sehat, kehadiran taman di rumah-rumah justru sangat dianjurkan, tak terkecuali pada rumah sederhana. Taman yang bersangkutan tak harus luas dengan tanaman serba tinggi dan mewah.

Desain 3D rumah sederhana menggunakan elemen kotak dan garis

Desain rumah sederhana sebaiknya dilengkapi taman kecil yang berfungsi sebagai area hijau rumah. Jenis tanaman yang tak perlu banyak, yang penting ukuran taman cukup proporsional, dan benar-benar pas dibanding ukuran rumah. Pilihlah tanaman hijau yang merupakan tumbuhan khas Indonesia, sehingga harganya tidak mahal.

Kamar Tidur Rumah Sederhana

Kamar tidur pada rumah sederhana biasanya tidak begitu luas. Agar tidak pengap, sebaiknya kamar tidur memiliki jendela yang cukup memadai untuk keluar masuknya udara. Selain itu, bisa dipilih warna cat yang terang, agar kamar terkesan lebih luas. Sebagai penutup jendela, gunakanlah tirai polos atau dengan sedikit corak, agar kamar tidak tampak sempit.

Ide untuk anda desain rumah sederhana kotak dan garis

Untuk lantai keramik, sebaiknya dipilih warna cerah. Biarkanlah dinding berbentuk bidang polos, tanpa ada ornamen berupa tempelan batu hias atau ukiran tertentu pada bidang datar ini.

Dapur Rumah Sederhana

Untuk bagian dapur, bisa diciptakan bentuk-bentuk kotak yang simpel, seperti dalam pembuatan meja keramik untuk penyimpanan kompor, misalnya. Bagian jendela dapur untuk desain rumah sederhana juga cukup berbentuk kotak polos, dengan akses bagian pinggir jendela berupa variasi warna yang serasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desain Rumah Sederhana – Serba Kotak dan Garis