Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Design Rumah Minimalis 2 Lantai

Anda memiliki rencana untuk mendirikan maupun membeli rumah minimalis dua lantai? Perlu diketahui, design rumah minimalis dua lantai agak berbeda dengan design rumah minimalis satu lantai. Nah, hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan dalam menciptakan design rumah minimalis dua lantai ini? Berikut ini adalah penjelasannya.

Design berwarna rumah minimalis 2 lantai
Tipe Rumah Semakin Berkembang

Tipe rumah dewasa ini semakin berkembang dan semakin banyak ragamnya. Apalagi, kini rumah bukan sekedar tempat tinggal atau tempat berlindung dari cuaca panas dan dingin. Lebih dari itu, rumah pun merupakan salah satu media ekspresi diri, sehingga aneka bentuk dan tipe rumah semakin banyak. Para perancang model rumah pun semakin kreatif menciptakan aneka gaya rumah untuk memenuhi selera dan kebutuhan calon pemilik rumah. Design rumah minimalis dengan dua lantai termasuk salah satu model yang dipilih. Nah, bagi Anda yang ingin mendirikan rumah minimalis yang terdiri dari dua lantai agaknya perlu melongok berbagai tips berikut ini.

  1. Pertama-tama, Anda harus memperhatikan ukuran alias luas tanah di mana Anda akan mendirikan rumah, sekaligus menentukan jumlah ruangan yang terdiri dari kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, dapur, ruang keluarga, dan ruang tamu. Selain itu, jika memungkinkan, Anda juga bisa menambahhkan garasi untuk kendaraan Anda.
  2. Pastikanlah jumlah ruangan plus masing-masing ukuran ruangan itu berdasarkan kebutuhan dan ketersediaan lahan yang ada. Tak kalah pentingnya adalah menentukan design rumah minimalis atau model rumah yang Anda inginkan. Untuk kebutuhan ini, Anda bisa memanfaatkan jasa desainer rumah maupun arsitek. Jika tidak, Anda juga bisa saja mencari referensi berbagai contoh gaya rumah yang Anda inginkan, dengan cara memfoto contoh rumah sesuai selera Anda. Anda juga bisa melihat sekaligus memelajari berbagai sampel gaya dan desain rumah minimalis yang terdapat di situs-situs internet. Berdasarkan beberapa contoh rumah yang hendak Anda jadikan referensi, Anda pun bisa menyatukan beberapa desain sehingga muncullah design rumah minimalis dua lantai yang Anda kehendaki.
  3. Jika Anda sudah memperoleh sampel desain yang sesuai dengan selera, Anda bisa menggambar sekaligus menentukan tata ruang dalam denah rumah, misalnya penempatan ruang tidur, ruang utama, kamar mandi, dapur, dan lain-lainnya. Anda bisa melakukan pembagian ruangan dengan baik dan sesuai, misalnya pengaturan lokasi ruang tamu, kamar tidur utama, dapur, dan kamar mandi, berada di lantai satu. Selebihnya, lantai dua, bisa Anda jadikan untuk lokasi beberapa kamar tidur, ruang bersantai, kamar mandi, dan lain-lain, bergantung selera Anda.

Design rumah minimalis dua lantai pada umumnya tidak membutuhkan banyak variasi dekorasi luar dan jenis warna yang terlalu variatif. Cukuplah mengaplikasikan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, atau kombinasi kedua jenis warna itu. Tentukanlah design rumah minimalis yang memenuhi konsep gaya rumah sederhana, namun tetap aktraktif dan elegan. Nah, semoga panduan design rumah minimalis dua lantai ini bermanfaat bagi Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Design Rumah Minimalis 2 Lantai