Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Warna dalam Model Rumah Minimalis

Dalam sepuluh tahun belakangan ini, model rumah minimalis termasuk kategori model rumah terlaris. Model rumah minimalis juga bisa didapat dengan level harga beragam, tergantung ukuran dan lokasi. Rumah minimalis yang terletak di lokasi ‘emas’ dan mudah diakses dari berbagai arah, memiliki harga selangit, sedangkan rumah minimalis di kawasan yang jauh dari pusat keramaian kota, umumnya memiliki harga ekstra miring.

Warna idaman rumah minimalis

Variasi Garis Lurus

Model rumah minimalis, sebagaimana kita ketahui, merupakan gaya rumah simpel dengan sedikit ornamen. Mulai dari pagar, bidang dinding rumah, bingkai jendela hingga pintu, seluruhnya berbentuk kotak serba lurus, dengan variasi garis-garis lurus, jika variasi itu memang ada.

Warna yang diaplikasikan dalam model rumah minimalis umumnya didominasi abu-abu, dengan tambahan abu-abu setingkat lebih muda atau abu-abu lebih tua. Variasi garisnya bisa hitam, namun bisa juga warna abu-abu gelap.

Warna modern rumah minimalis

Nah, variasi warna apa saja yang biasanya diaplikasikan pada model rumah minimalis? Berikut ini adalah penjelasannya.    
 
  1. Warna oranye di antara dominasi abu-abu. Walau hanya hanya segaris atau dua garis warna oranye, namun variasi ini bisa memberikan kesan segar. Ya, pasalnya, jika seluruh bangunan didominasi abu-abu, model rumah akan tampak ‘mati’ dan tidak berdaya tarik. Untuk warna pagar yang berbentuk batang-batang besi lurus, sebaiknya dipilih warna hitam legam untuk menegaskan mode rumah minimalis Anda. 
  2. Warna merah marun di antara dominasi abu-abu. Seperti halnya tarikan garis-garis oranye, warna merah pun seolah berperan sebagai ‘lampu’ penerang yang mencerahkan, sehingga banyak dipilih perancang model rumah minimalis. Seperti biasa, model rumah minimalis yang didominasi warna abu-abu sebaiknya memilih wrna hitam untuk cat pagar.
  3. Warna cokelat tua di antara dominasi warna kuning susu yang cerah. Warna kuning sebenarnya jarang digunakan pada mode rumah minimalis. Namun, sekali-kali boleh juga diaplikasikan agar model rumah minimalis Anda tampil beda. Dengan variasi garis cokelat tua, model rumah minimalis akan semakin atraktif. Untuk warna pagar bisa dipilih warna cokelat gelap atau cokelat tua. 
Warna warni rumah minimalis

Demikianlah warna-warna yang bisa diaplikasikan pada model rumah minimalis. Selain warna-warna tadi, bisa dipilih warna-warna netral lainnya seperti creamy ivory, cokelat muda, atau warna salem.

Eksperimen Variasi Warna

Walaupun tidak memiliki banyak variasi warna, tetapi rumah minimalis biasanya cukup ‘berani’ menampilkan sedikit olesan warna yang mencolok, dalam bentuk garis-garis tegas. Sebenarnya, Anda bisa saja mengolah dan mereka-reka sendiri warna yang akan diaplikasikan, dan tidak harus terpaku pada ‘pakem’ warna rumah minimalis, yakni abu-abu – hitam – merah.

Cobalah bereksperimen dengan memvariasikan bebagai warna netral dan warna-warna mencolok lainnya. Hasilnya adalah aneka variasi warna baru model rumah minimalis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Warna dalam Model Rumah Minimalis