Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Inspirasi Sketsa Rumah Minimalis

Sketsa rumah minimalis sangatlah diperlukan ketika Anda berencana membangun rumah minimalis. Ya, selama ini, model minimalis termasuk gaya rumah terfavorit di kalangan konsumen rumah untuk tempat tinggal. Melalui gambar sketsa, calon pemilik rumah bisa menuangkan rencana atau gambaran mengenai bentuk rumah yang diinginkan. 

Sketsa rumah minimalis 2 lantai
Sketsa berasal dari istilah dalam Bahasa Inggris, yakni sketching yang berarti gambaran kasar awal yang  ringan, dan semata-mata terdiri dari garis-garis panjang dan garis pendek yang menyerupai sebuah bentuk. Sedangkan sketsa rumah minimalis seringkali dimanfaatkan sebagai percobaan atau gambaran garis besar yang sederhana, yang dilengkapi catatan yang mengemukakan gagasan mengenai bentuk rumah minimalis.

Jenis-jenis sketsa rumah minimalis:

  1. Berupa gambar yang membuat garis-garis bentuk sederhana mengenai rumah minimalis, sama sekali tanpa rincian dan tidak selesai.
  2. Sketsa rumah minimalis yang dibuat cepat, yang menggunakan hanya beberapa garis untuk memformulasikan imej suatu sketsa yang sudah selesai.
  3. Studi citra rumah minimalis adalah sketsa yang berbentuk coretan dengan cepat dan kurang detil, hanya memperlihatkan tampilan global.

Sedangkan sketsa rumah minimalis yang baik adalah gambaran garis besar yang memenuhi beberapa komposisi, yakni komposisi sketsa, komposisi garis, komposisi warna, dan komposisi bidang, sehingga dihasilkan suatu bentuk yang benar-benar informatif dan dapat menampung seluruh gagasan sketsa rumah minimalis.

Mendapatkan Inspirasi Sketsa

Sketsa rumah minimalis bisa didapatkan di mana saja. Misalnya dari denah rumah minimalis yang pernah Anda lihat, dari berbagai foto rumah minimalis, atau melalui beberapa model rumah minimalis yang pernah Anda lihat. 

Anda bisa memilih model yang Anda anggap terbaik dari bentuk-bentuk rumah minimalis tadi. Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan beberapa bentuk rumah minimalis, sehingga terciptalah satu bentuk baru yang lebih baik.

Setelah inspirasi rumah minimalis Anda selesai, Anda bisa menuangkannya ke dalam denah rumah minimalis, untuk menyusun perencanaan bangunan rumah. Denah rumah minimalis ini akan berguna sebagai bahan informasi yang berisi bentuk atau model rumah, tata ruang, ukuran ruangan, ukuran pintu dan jendela dan bahan-bahan bangunan yang dibutuhkan, sehingga Anda bisa memprkirakan besarnya biaya pembangunan rumah idaman Anda.

Tampak Depan

Sketsa rumah minimalis biasanya memuat tampilan rumah di bagian depan, yang meliputi pagar, taman, garasi, bidang-bidang dinding, hingga bentuk pintu dan jendela. Sketsa rumah ini akan memperlihatkan sentuhan-sentuhan simpel dengan sedikit ornamen.

Sketsa bisa dibuat lengkap dengan warna, namun bisa juga tanpa warna alias hanya hitam putih. Jika sketsa ini mengandung warna, maka akan tampaklah sketsa rumah minimalis dengan variasi warna minimal. Biasanya, rumah minimalis mengaplikasikan jenis warna netral yang kalem, tanpa banyak variasi warna lainnya. Sedangkan bagian pagar hanya terdiri dari bentuk-bentuk lurus tanpa  ukiran. Nah, sudah siapkah sketsa rumah minimalis Anda?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inspirasi Sketsa Rumah Minimalis