Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Kesederhanaan Bentuk Rumah Minimalis

Seperti apa ciri khas dan bentuk rumah minimalis? Secara umum, ciri khas dan bentuk rumah minimalis sangatlah simpel. Tidak memiliki banyak warna, tidak mengaplikasikan banyak ornamen, juga tidak mempunyai banyak bidang lengkung, melainkan lebih banyak terdiri dari bidang-bidang datar dan garis-garis lurus.

Kesederhanaan rumah minimalis
Bentuk rumah minimalis tengah disukai masyarakat karena kesederhanaan desain-nya itu. Bentuk rumah minimalis juga tampak artistik dan modern, walaupun bentuknya simpel. Maka tak mengherankan, dalam beberapa tahun belakangan ini, penjualan rumah minimalis mengalami peningkatan cukup signifikan dibanding rumah-rumah dengan desain lainnya.

Warna dalam Bentuk Rumah Minimalis

Warna dalam bentuk rumah minimalis umumnya merupakan warna netral yang kalem. Biasanya terdiri dari warna-warna pastel atau warna yang didominasi abu-abu. Kadang-kadang ada sedikit variasi warna mencolok seperti hitam, merah, atau oranye. Namun, warna-warna mencolok ini tak lebih dari aksen belaka, agar warna keseluruhan rumah minimalis tidak kelewat polos.

Umumnya, warna-warna mencolok ini diaplikasikan pada garis-garis atau bagian kecil dari suatu bidang kotak atau lurus, seperti pilar yang berbentuk kotak langsing panjang, atau variasi garis pada dinding rumah luar bagian atas. Ada kalanya aksen warna hanya dioleskan sedikit pada bagian bawah tiang, dan sisanya atau sebagian besarnya dicat dengan warna netral yang "dingin".  

Taman di Rumah Minimalis

Desain taman dalam bentuk rumah minimalis pun tergolong simpel. Bidang taman lebih banyak terdiri dari hamparan rumput hijau, dan kelompok tanaman ini hanya diposisikan di sudut-sudut area taman atau bagian pinggirannya saja.

Pemilihan jenis tanaman pun lebih banyak yang berbentuk minimalis, seperti bambu cina, kaktus jari, wijayakusuma, dan lain-lain. Taman ini, walaupun mungkin berukuran mungil, selalu terdapat di rumah-rumah minimalis sebagai area hijau.  
      
Garasi di Rumah Minimalis

Pada bentuk rumah minimalis tipe kecil sekali pun, umumnya selalu terdapat car port atau garasi yang dapat memuat setidaknya satu atau dua kendaraan roda empat. Ada garasi tertutup, namun ada pula model garasi terbuka.

Garasi di rumah minimalis ini biasanya berbentuk empat persegi panjang, dengan bidang-bidang dinding yang dicat rapi. Garasi biasanya memiliki akses langsung ke dalam rumah melalui pintu dapur atau pintu belakang lainnya. 

Bentuk rumah minimalis

Motif Lantai Rumah Minimalis

Motif lantai keramik pada bentuk rumah minimalis tak kalah sederhananya. Bisanya motif kalem atau motif lembut dengan aksen garis lurus jadi pilihan. Warna yang banyak dipilih di antaranya adalah abu-abu, krem, putih, atau merah bata.

Genting pada bentuk rumah minimalis juga tidak memiliki banyak lekukan. Biasanya berupa genting berbentuk lempengan kotak-kotak lurus atau kotak berbentuk empat persegi panjang. Genting berglazur tipe mengkilat kurang disukai, karena bisa menganggu konsep sederhana dalam bentuk rumah minimalis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kesederhanaan Bentuk Rumah Minimalis