Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Membandingkan Contoh Rumah Minimalis

Agar tak salah pilih ketika membeli rumah minimalis impian, maka membandingkan beberapa contoh rumah minimalis merupakan langkah penting. Begitulah, memiliki rumah merupakan impian banyak orang. Nah, jika Anda termasuk orang yang mengangankan rumah minimalis, sudah menyiapkan dana, dan sedang sibuk memilih-milih, jangan lupa membandingkan beberapa contoh rumah minimalis.

Contoh rumah minimalis yang modern
Selain model atau desain rumah, bahan bangunan juga bisa dijadikan bahan perbandingan ketika Anda sedang memilih-milih rumah minimalis. Sekarang ini, material bangunan kian variatif, mulai pengganti bata alternatif berupa hebel, atau plat lantai yang diganti dengan penutup yang terbuat dari material ringan.

Dalam banyak contoh rumah minimalis, batako atau batu bata masih banyak digunakan sebagai bahan pembuat dinding. Namun kini, Anda bisa membandingkan contoh rumah minimalis yang menggunakan batu bata merah dengan contoh rumah minimalis yang memanfaatkan hebel alias bata ringan.

Perbandingan Bata Merah dengan Hebel

Apa saja kelebihan dan kekurangan hebel dibandingkan dengan bata merah? Pemasangan bata merah jauh lebih mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Ukurannya pun lebih kecil, sehingga mudah diangkut, dan mudah digunakan untuk membentuk bidang kecil. Kelebihan lainnya, harga bata merah cukup murah, mudah didapatkan, dan tahan panas.

Rumah minimalis mewah
Kekurangan bata merah adalah sulitnya memasang secara rapi. Bahan ini juga mudah menyerap suhu panas atau dingin, sehingga suhu ruangan tidak begitu stabil. Penggunaan material perekat cenderung boros, ukurannya yang tidak sama seringkali menjadikan banyak bagian batu bata yang terbuang. Waktu pemasangan bata merah juga relatif lebih lama dibandingkan jenis bahan dinding lain. Selain itu, bata merah memiliki bobot lebih besar, sehingga bisa menimbulkan beban plus pada bagian struktur bangunan.

Sedangkan hebel atau beton ringan mempunyai karakteristik kuat, tahan air dan api, lebih awet, juga lebih rapi lantaran diproduksi menggunakan mesin pabrik. Material ini cukup ringan dengan permukaan halus dan rata. Hebel tercipta sebagai solusi menghindari beban berat pada struktur bangunan. Nilai plus lainnya adalah pemasangan yang lebih cepat, serta mereduksi terbuangnya bagian bahan dalam proses pemasangan.
Hebel terdiri dari bahan-bahan berupa pasir kwarsa, kapur, sedikit gypsum, air, semen, dan alumunium pasta yang berfungsi sebagai material pengembang.

Kelebihan hebel dalam contoh pembangunan rumah minimalis adalah mempunyai ukuran maupun kualitas yang sama, sehingga bisa membuat dinding yang lebih rapi. Selain itu, hebel juga hemat dalam hal penggunaan perekat, lebih ringan, mudah diangkut karena ringan, kedap air dan cenderung kedap suara. Hebel juga tahan terhadap guncangan gempa bumi.

Kekurangan Beton Ringan

Kekurangannya adalah membutuhkan perekat khusus, harus dipasang oleh seorang ahli, sulit kering jika terkena air, harganya lebih mahal dari bata merah, dan agak sulit diperoleh. Nah, kini keputusan ada di tangan Anda, mau membangun menggunakan bata merah, ataukah hebel? Bandingkan perbedaannya dalam beberapa contoh rumah minimalis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membandingkan Contoh Rumah Minimalis