Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Model Rumah Minimalis Sederhana Idaman

Rumah sederhana kini tak hanya memiliki model dengan bentuk kotak yang memiliki pintu dan jendela-jendela. Arsitektur rumah minimalis telah memikirkan bagaimana cara membuat desain rumah sederhana yang terkesan mewah, modern, stylish, tapi simpel, di atas lahan yang tidak begitu luas.


Rumah sederhana bukanlah bangunan hunian yang sangat murah, melainkan tempat tinggal berukuran kecil, yang dibangun di atas bidang tanah berukuran kecil pula. Akan tetapi, kualitas bangunannya sendiri sama sekali tidak murahan, karena bahan /material bangunan yang digunakan pun bukan bahan kualitas rendahan.

Arsitektur Bangunan Modern

Selain itu, rumah sederhana juga lebih banyak dibangun di lokasi-lokasi pinggiran yang agak jauh dari keramaian kota, sehingga harganya lebih rendah dibanding rumah yang ada di pusat kota. Namun, sekali lagi , arsitektur bangunannya – umumnya – cukup modern.


Model rumah minimalis adalah gaya yang paling banyak dipilih untuk rumah sederhana. Adalah fakta bahwa model rumah minimalis sederhana ini telah sukses menjaring banyak konsumen, terutama kelompok keluarga muda yang baru berumah tangga.


Ciri-ciri Model Rumah Minimalis Sederhana

Secara detil, model rumah minimalis sederhana memiliki ciri-ciri sebagai berikut:


  1. 1Cat rumah yang dipilih merupakan warna-warna netral yang kalem. Kadang dipilih warna cerah seperti kuning atau putih, tetapi tak jarang juga diaplikasi warna ‘dingin’ seperti abu-abu atau krem kecoklatan.
  2. Model rumah minimalis sederhana tidak memiliki banyak ornamen. Desain minimalis lebih banyak didominasi bidang datar, kotak, dan garis garis lurus.
  3. Variasi warna yang digunakan selain warna utama tidaklah banyak. Demikian juga jenis warnanya.
  4. Warna utama dan warna variasi seringkali menonjolkan karakteristik berlawanan atau kontras. Misalnya, warna utama adalah abu-abu, sedangkan variasinya adalah merah atau oranye. Variasi ini hanya diterapkan pada bagian-bagian yang kecil, dalam bentuk garis atau kotak.
  5. Model rumah minimalis sederhana tidak memiliki banyak detil, dan menghindari sekat ruangan yang terlalu banyak, agar rumah tampak lapang dan lega.

Model rumah minimalis sederhana lebih banyak tersedia dalam ukuran tipe 36 dan 45.   Beberapa bentuk model rumah minimalis sederhana di antaranya adalah:


  1. Terdiri dari ruangan-ruangan standar, cat rumah abu-abu dengan variasi merah, dan pagar besi lurus warna hitam. Aksen bangunan terdapat pada bagian dinding atas, berupa garis-garis vertikal berwarna merah. Kusen jendela cukup besar, dalam bentuk kotak biasa.
  2. Cat rumah krem kecoklatan dengan variasi cokelat tua, dan cat pagar besi lurus dengan variasi garis miring di bagian tengah. Aksen bangunan terdapat pada bagian atas, berupa garis-garis horizontal warna oranye.
  3. Cat rumah biru pupus, dengan variasi bidang kotak berwarna biru tua. Ada bagian dinding yang dibiarkan berwarna khas ‘adukan semen’, dengan tekstur kasar.

Demikianlah beberapa model rumah minimalis sederhana yang belakangan ini cukup banyak dipasarkan. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Model Rumah Minimalis Sederhana Idaman