Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Profesi dan Tugas Arsitek Rumah Minimalis

Arsitek rumah minimalis adalah seorang ahli rancang bangun yang memiliki peran cukup besar dalam memublikasikan dan memasyarakatkan rumah-rumah berdesain minimalis. Selama ini, tak sedikit orang menduga bahwa arsitek adalah juru gambar denah rumah.


Padahal, dalam sebuah tim desain rumah minimalis, ada orang yang memiliki tugas khusus sebagai juru gambar atau drafter. Drafter ini adalah orang yang bertugas di bawah instruksi arsitek rumah minimalis. Dengan begitu, menggambar bukanlah tugas utama arsitek rumah minimalis. Jadi sebenarnya, apa profesi arsitek itu, dan apa saja tugas-tugasnya sebagai arsitek rumah minimalis?


Ahli Desain Bangunan

Arsitek rumah minimalis adalah seorang pakar bidang desain rumah minimalis. Ketentuan yang disepakati Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menyebutkan bahwa syarat-syarat untuk menjalani profesi sebagai arsitek adalah sebagai berikut:

  1. Telah menyelesaikan pendidikan formal bidang Arsitektur
  2. Pernah bekerja dengan Arsitek Madya atau Utama, atau di perusahaan/Biro Konsultan Arsitektur
  3. Pernah jadi peserta kegiatan penataran yang diselenggarakan IAI
  4. Pernah mengikuti ujian Sertifikasi Keahlian Arsitek (SKA) yang diselenggarakan IAI.

Berdasarkan tingkat kepakaran maupun sertifikat yang sudah dimiliki, profesi arsitek dibedakan menjadi Arsitek Pratama/junior, Arsitek Madya/menengah, dan Arsitek Utama/senior. Sertifikat yang ada di tangan arsitek jadi penentu jenis-jenis bangunan yang boleh didesain arsitek, dilihat berdasar kompleksitasnya.


Arsitek Utama diizinkan mendesain berbagai bangunan rumit seperti bandar udara, rumah sakit, dan sebagainya. Sedangkan Arsitek Pratama hanya diizinkan mendesain bangunan-bangunan lain dengan tingkat kerumintan rendah seperti – misalnya -- desain rumah minimalis.

Pendidikan Arsitektur

Di Tanah Air, lamanya pendidikan S1 Arsitektur adalah empat 4 tahun. Lulusan Arsitektur diwajibkan mengikuti berbagai program penataran yang diselenggarakan IAI, dan harus mempunyai pengalaman kerja sebelum mengikuti ujian SKA. Sedangkan di Amerika Serikat, program pendidikan S1 Arsitektur adalah 5 tahun. Di Amerika, setelah lulus, calon arsitek bisa langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian SKA Amerika Serikat.

Selama kuliah, mahasiswa Arsitektur, tak terkecuali arsitek rumah minimalis, mempelajari berbagai hal seperti psikologi manusia dalam ruang, dasar-dasar seni rupa, cara kerja berbagai tipe bangunan pengolahan ruang, pengolahan bentuk, desain interior, dan teknik menggambar.

Tugas Arsitek Rumah Minimalis

Tugas-tugas arsitek rumah minimalis dalam melaksanakan bidang pekerjaannya adalah:

  1. Mengelola tata ruang bangunan rumah
  2. Mengolah konsep desain interior bangunan rumah
  3. Mendesain bentuk luar dan tampilan rumah
  4. Mengelola jenis dan letak sistem struktur sebuah bangunan rumah
  5. Menentukan posisi instalasi perlistrikan
  6. Menghitung biaya konstruksi sebuah bangunan.

Memasuki fase konsep desain, arsitek akan mengali berbagai idenya yang berkaitan dengan bentuk bangunan minimalis, desain interior minimalis, sistem struktur pada bangunan minimalis, mekanikal, dan elektrikal pada bangunan yang bersangkutan, dalam tampilan berbagai sketsa, gambar dua dimensi, dan sebagainya. Demikianlah tugas arsitek rumah minimalis dalam menjalankan profesinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Profesi dan Tugas Arsitek Rumah Minimalis