Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Tipe Rumah Sederhana dan Pengaturan Ruangannya

Ukuran rumah sederhana biasanya tidak begitu besar, dan merupakan hunian tipe 36 atau 45. Tipe rumah sederhana ini biasanya terdiri dari 2 kamar, ditambah ruang tamu, kamar mandi, dapur, dan ruang tengah yang agak luas. Ruang tengah ini bisa difungsikan sebagai ruang keluarga sekaligus ruang makan.


Tipe rumah sederhana biasanya memiliki desain simpel dan efisien, dengan satu atau dua ruangan yang multiguna.  Aspek simpel dan efisien jadi hal utama dalam rumah tipe sederhana, karena ukuran rumah tidak begitu luas.

Karena tidak begitu luas, tipe rumah sederhana lebih sering dihuni oleh keluarga kecil yang terdiri dari orangtua dengan satu atau dua anak. Tipe rumah sederhana yang hanya terdiri dari dua kamar ini memiliki pengaturan satu kamar untuk orangtua dan satunya lagi untuk ruang tidur anak-anak.

Desain Tipe Rumah Sederhana

Berbagai contoh model rumah sederhana bisa dilihat dalam aneka referensi, baik dalam sumber online maupun offline. Umumnya, desain tipe rumah sederhana dirancang sedemikian rupa sehingga tampak atraktif dan artistik. Bisa jadi, hal ini untuk menyeimbangkan kekurangannya, yakni ukuran rumah yang mungil.

Desain minimalis sering jadi pilihan tipe rumah sederhana. Model minimalis ini bisa dibilang sebagai pilihan yang pas, karena bisa memberikan kesan rumah yang lebih lega dari ukuran  sesungguhnya.   Dengan pemilihan furniture minimalis yang tepat, hunian mungil tipe rumah sederhana akan semakin manis dan menyenangkan untuk ditinggali.

Pengaturan Ruangan Tipe Rumah Sederhana

Pada tipe 45 atau 36, ukuran ruang tamu tidak begitu luas, namun cukup untuk menampung sofa minimalis, atau furniture minimalis yang terbuat dari kayu. Meja sudut mungil dengan model simpel juga bisa ditambahkan di sini, lengkap dengan lampu kristal gantung simpel. Untuk aksesori ruangan bisa ditambahkan satu hiasan dinding berpigura, dengan ukuran medium.


Ruangan tengah bisa dijadikan ruang keluarga yang dilengkapi televisi merangkap ruang makan, jika memang luasnya cukup memadai. Namun, jika ruangan yang lebih luas justru menyatu dengan dapur, maka meja makan bisa diposisikan di sini.  

Karena berupa rumah mungil, maka biasanya rumah tipe 36/45 hanya memiliki fasilitas ruangan standar-standar saja, sehingga rahasia agar rumah ini tampak luas dan nyaman buat ditinggali terletak pada desain interiornya.


Desain 2 Lantai

Karena tipe rumah sederhana umumnya berukuran mungil, maka bagi keluarga dengan jumlah anggota keluarga yang lebih banyak dianjurkan membangun tipe rumah sederhana 2 lantai, sehingga bisa menambah ruangan ekstra, baik berupa ruang keluarga atau makar tidur, tergantung kebutuhan.

Desain 2 lantai ini sangat menguntungkan, karena luas rumah bisa bertambah tanpa harus membeli kavling tambahan. Hanya, perlu diingat agar arsitektur bangunan didesain lebih kuat, dengan fondasi yang lebih mantap, agar tipe rumah sederhana ini benar-benar kokoh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tipe Rumah Sederhana dan Pengaturan Ruangannya