Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Tips Membuat Denah Rumah Minimalis



Tips membuat denah rumah minimalis kadang dibutuhkan oleh mereka yang hendak membuat denah sendiri. Anda ingin merancang sendiri rumah idaman Anda? Juga menginginkan denah rumah minimalis sebagai model rumah idaman Anda? Maka, Anda sudah sampai pada sumber referensi yang tepat.
Tips mudah membuat denah rumah minimalis 

Denah rumah minimalis memang mengedepankan kesederhanaan. Selain kesederhanaan, efisiensi akses ke segala tempat juga menjadi faktor penting dalam denah rumah minimalis. Meski disebut sebagai rumah minimalis, namun bukan berarti ini rumah yang jelek dan tidak layak huni. Rumah yang disebut minimalis ini terlihat nyaman dan modern.

Tampak Lebih Luas dan Lega

Dalam denah rumah minimalis, tentu luas tanah tidak akan terlalu besar. Namun bila menggunakan prinsip denah rumah minimalis, maka rumah akan terasa lebih luas dan lega. Ruang keluarga dan ruang tamu yang menyatu akan terlihat lebih efisien bila terhubung langsung dengan dapur juga.
Selain memiliki halaman depan yang dapat dihias sesuai kreativitas Anda, denah rumah minimalis juga harus memiliki halaman belakang. Halaman belakang ini tentu cukup berguna, bisa untuk menyimpan barang-barang yang sudah tidak bisa dipakai atau untuk menjemur pakaian. Sehingga pintu masuk ada dua, pintu masuk depan dan belakang.

Penataan Barang

Hal penting yang harus diperhatikan juga adalah penataan barang-barang di dalam rumah. Karena ruang keluarga atau ruang tamu terhubung langsung dengan dapur maka diperlukan penyekat ruangan yang cukup tinggi besar. Bisa saja rak buku atau lemari kaca yang berisikan segala foto-foto, piala, dan berbagai macam kenangan Anda.

Selain itu, jangan ada terlalu banyak furniture di dalam rumah. Karena memang tanah yang tidak terlalu luas, bila ada banyak barang maka hanya akan terkesan sebagai rumah yang sempit. Hanya sedikit orang yang menginginkan suasana sempit di rumah.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan ada terlalu banyak barang agar rumah menjadi terkesan luas dan lega. Selain itu, dalam denah rumah minimalis kamar tidur sebaiknya cukup dua saja. Itu bila Anda tidak mengaplikasikan lantai dua dalam rumah Anda. Rumah dua lantai dengan balkon dan menggunakan prinsip denah rumah minimalis, maka akan terlihat menjadi rumah yang cantik dan terlihat nyaman.

Pencahayaan Rumah


Selain itu hal yang pasti diperlukan dalam pembuatan denah rumah minimalis adalah pencahayaan. Aturlah pencahayaan dalam rumah Anda. Usahakan semua daerah di dalam rumah dapat terkena cahaya matahari. Cahaya matahari dapat membantu memperkuat rumah Anda, sehingga rumah akan lebih awet.

Nah, di zaman sekarang ini rumah-rumah sederhana atau minimalis ini banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya perumahan-perumahan yang dalam desain rumahnya menggunakan prinsip denah rumah minimalis ini.

Apakah Anda mulai berminat membuat sendiri denah rumah impian Anda? Satu hal yang membuat rumah minimalis ini menarik adalah Anda tidak membutuhkan biaya yang sangat mahal, sehingga cukup terjangkau. Nah, jika berniat merancang bangunan sendiri, mulailah dengan membuast denah rumah miniamalis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Membuat Denah Rumah Minimalis