Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Tips Rumah Sederhana – Kecil Tapi Elegan

Kini, tak sedikit orang yang menginginkan konsep rumah sederhana sebagai pilihan desain arsitektur bangunan rumahnya. Hal-hal yang membuat orang lebih memilih model rumah sederhana daripada rumah besar -- antara lain -- adalah sebagai berikut:

Tips interior rumah sederhana

  • Anggaran pembangunan rumah tipe sederhana bisa dipastikan lebih murah ketimbang harus membangun rumah berukuran lebih besar.
  • Di zaman serba sibuk, dengan tingkat aktivitas cukup tinggi, tentu saja rumah sederhana merupakan pilihan tepat dan efektif karena tidak akan menyita banyak waktu untuk merapikan dan menatanya.
  • Sebagian besar keluarga sekarang ini merupakan keluarga kecil, sehingga tipe rumah sederhana cukup memadai untuk menampung seluruh anggota keluarga. Selain itu, pada rumah tipe sederhana tidak banyak ruang mubazir, karena semuanya digunakan sesuai fungsinya.

Tips Rumah Sederhana

Tips membangun rumah sederhana

Dengan berbagai kelebihannya, kini Anda bisa menentukan desain arsitektur rumah Anda. Nah, apa saja tips rumah sederhana agar Anda mendapatkan rumah idaman terbaik? Lalu, bagaimanakah supaya penataan ruangnya tidak tampak padat dan berdesakan? Selain itu, tips rumah sederhana apa pula yang harus diaplikasikan agar rumah Anda tampak elegan dan atraktif, walaupun dalam ukuran kecil?

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat direkomedasikan mengenai tips rumah sederhana, agar tempat tinggal Anda terasa nyaman. 

Tips atap rumah sederhana modern simpel elegan

  1. Pertama-tama perlu diingat bahwa pada saat ingin mendirikan rumah sederhana, sebaiknya kita tidak terpaku pada istilah 'sederhana' itu. Pasalnya, jika kita kelewat tunduk pada istilah sederhana, maka ada kemungkinan kita jadi abai terhadap kehadiran berbagai komponen yang mungkin tampak sepele, namun sesungguhnya benar-benar berguna.
  2. Sebaiknya, ciptakanlah ruang tamu yang terkesan lapang. Mempunyai ruang tamu yang lega bakal membuat bangunan yang bersangkutan terkesan lebih luas. Terlebih, umumnya konsep pada rumah sederhana memusatkan hampir seluruh aktivitas keluarga di ruang tamu, lantaran ketiadaan ruang keluarga. Karenanya, disarankan luas minimal ruangan tamu bagi rumah sederhana adalah 3 x 6 m. Dengan tips rumah sederhana ini, Anda masih memiliki ruang yang memadai untuk menempatkan sofa, televisi, dan meja mungil.
  3. Tips rumah sederhana menganjurkan agar bangunan terdiri dari sedikitnya 2 kamar. Satu ruang tidur berfungsi sebagai kamar utama, sedangkan kamar yang satu lagi bisa diperuntukkan bagi kamar tidur anak.
  4. Bangunan kamar mandi sebaiknya agak luas, agar seluruh penghuni rumah merasa nyaman ketika membersihkan tubuh. Jika kamar mandi hanya satu, sebaiknya sediakanlah fasilitas tempat cuci tambahan yang teletak di luar kamar mandi sebagai lokasi untuk mencuci pakaian dan mencuci piring.
  5.  Sebagai tips rumah sederhana, gunakanlah cat warna cerah, agar ruangan terkesan lebih lega. Selain itu, pastikan rumah sederhana Anda memiliki ventilasi yang cukup, sehingga angin leluasa keluar masuk. Hindari sekat ruangan yang terlalu banyak, agar kesan lega lebih kuat lagi.

Dengan tips rumah sederhana ini, Anda bisa mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dengan anggaran minimal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Rumah Sederhana – Kecil Tapi Elegan