Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Ciri-ciri Rumah Sederhana Minimalis

Rumah minimalis - Rumah sederhana minimalis termasuk varian bangunan rumah yang diminati banyak konsumen. Rumah jenis ini umumnya memiliki harga pasaran yang tidak kelewat mahal. Kesederhanaannya terletak pada ukuran bangunan yang tidak begitu besar, bidang tanah yang tidak kelewat luas, dan lokasinya yang di pinggiran kota.
 
Rumah sederhana minimalis di daerah kampung

Rumah sederhana minimalis memiliki tampilan modern, dengan warna-warna netral yang lembut. Kalaupun ada aksen warna yang agak mencolok seperti merah, kuning, atau oranye, itu hanyalah variasi agar desain minimalisnya tidak membosankan, dan memiliki sisi eye catching pada warna-warna ‘kejutan’ ini.

Walaupun didesain secara minimalis, namun bukan berarti rumah sederhana ini sama sekali tidak memiliki ornamen. Ornamen itu boleh saja ada, tetapi tidak berlebihan, sehingga sisi kesederhaannyalah yang lebih dominan.


Salah satu ciri desain minimalis adalah adanya dominasi bidang-bidang berbentuk kotak, memanjang, atau  garis lurus tegas pada bangunan rumah. Bentuk geometris seperti bulatan dan lengkungan mungkin ada juga, tetapi sangat minim.

Pagar Rumah Sederhana Minimalis

Pagar pada rumah sederhana minimalis biasanya memiliki desain berupa batang-batang besi berbentuk tegak lurus, lurus miring, atau lurus dengan variasi sedikit lengkungan di bagian atas. Umumnya, pagar pada rumah sederhana minimalis sama sekali tanpa ukiran. Kalaupun ada aksen di bagian tengah-tengah pagar, umumnya berbentuk batang-batang yang diposisikan dengan arah yang berlawanan, atau berupa bentuk kotak penuh maupun segitiga di bagian tengah-tengah.

Pagar rumah sederhana minimalis biasanya tidak terbuat dari bahan besi yang mahal. Material logam bisa saja berupa besi dengan harga medium atau bahkan murah. Fokusnya terletak pada desain. Jadi, walaupun bahannya murah, tetapi desainnya cukup istimewa dan modern.

Warna yang dipilih untuk pagar diselaraskan dengan warna dinding depan rumah. Jika warna dinding abu-abu, biasanya dipilih warna hitam. Jika warna dinding creamy ivory atau krem susu, biasanya pagar berwarna coklat tua. Warna-warna untuk pagar pada rumah sederhana minimalis nyaris tanpa variasi alias polos.

Tanaman di Rumah Sederhana Minimalis


Memiliki tanaman merupakan salah satu syarat rumah sehat. Rumah sederhana minimalis pun biasanya menempatkan tanaman hidup di salah satu sudut halaman rumah. Tak sedikit pula rumah sederhana minimalis yang menempatkan taman asri di bagian depan rumah. Taman ini pun ‘taat’ pada desain minimalis, yakni tidak memiliki banyak jenis, dan hanya menempatkan aneka tumbuhan berpostur simpel dan tidak begitu rimbun.   
  
Desain Kamar Mandi

Kamar mandi pada rumah sederhana minimalis memiliki ciri-ciri tak kalah simpelnya dengan bagian bangunan lain. Motif keramik dipilih yang tidak begitu ‘ramai’, dengan ruang kamar mandi berbentuk kotak tanpa sekat.

Demikianlah rumah sederhana minimalis dengan berbagai ciri-cirinya.  Apakah Anda berminat memilikinya?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri-ciri Rumah Sederhana Minimalis