Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Desain Rumah Minimalis – Serba Lurus Tegas

Desain rumah minimalis memiliki karakteristik khas berupa dominasi bentuk-bentuk lurus dan garis-garis tegas. Desain rumah minimalis juga tampak serba simpel tanpa banyak aksesori, sehingga memberikan kesan luas, tidak berlebihan, enak dilihat, dan tampak modern.

Desain rumah minimalis tingkat dua (Bertingkat)

Dewasa ini, peminat desain rumah minimalis cenderung meningkat. Hal ini terlihat dari tingkat penjualan rumah minimalis di Indonesia yang meningkat sekitar 5-10 persen setiap tahunnya. Walaupun simpel, namun desain rumah minimalis menonjolkan kesan modern dan keren.
Gambaran desain rumah minimalis

Pagar dalam Desain Rumah Minimalis

Model pagar pada desain rumah minimalis biasanya berbentuk batang-batang lurus, atau sambungan-sambungan lurus tanpa lengkungan. Model pagar ini sangat simpel dan umumnya dicat menggunakan satu warna saja. Hitam atau abu-abu merupakan warna pagar yang paling banyak dipilih. Sebagai catatan, warna pagar tak harus sama dengan warna dinding rumah. Hal paling penting adalah warna pagar memiliki keserasian dengan warna tembok bangunan.  

Model pagar pada desain rumah minimalis ini memiliki ukuran sedang. Batang-batangnya tidak begitu besar, juga tidak begitu tinggi, sehingga orang bisa melihat bangunan rumah dengan jelas walaupun dari luar pagar. Bentuk pagar desain rumah minimalis juga tidak mengandung banyak ornamen, sehingga tampak lurus dan polos.

Revolusi Desain Rumah

Dulu, orang sangat bangga jika menempati atau memiliki desain rumah country – Amerika. Setelah itu, tren gaya rumah berubah lagi menjadi model Spanyol. Namun, kedua jenis model rumah ini cukup merepotkan dengan biaya perawatan relatif tinggi.

Setelah desain rumah minimalis jadi bagian dari tren gaya rumah di Indonesia, perhatian orang mulai beralih. Pihak pengembang/developer rumah pun lebih banyak menyediakan rumah minimalis dibanding model lainnya, karena dianggap lebih memiliki prospek yang baik.

Orang yang sudah memiliki rumah pun berupaya mengubah gaya rumahnya jadi lebih simpel alias minimalis. Dan mereka yang belum memiliki rumah lebih memilih desain rumah minimalis ketimbang model rumah lainnya. 

Contoh ide desain rumah yang minimalis


Warna Desain Rumah Minimalis

Warna bangunan pada desain rumah minimalis umumnya merupakan warna-warna netral. Kalaupun ada variasi warna berbeda, bagian ini sangatlah sedikit. Pada desain rumah minimalis, warna yang berbeda biasanya diaplikasikan pada bagian lurus namun dalam bidang yang lebih sempit.

Warna pintu dan kusen jendela dipadukan secara serasi dengan warna rumah secara keseluruhan. Pintu dan jendela ini pun tidak memiliki banyak variasi. Kalaupun ada sedikit aksen, lagi-lagi, itu tak lebih dari tarikan garis-garis lurus.

Pada desain rumah minimalis, pilihan bentuk genteng pun tak kalah minimalisnya. Penutup bagian atas rumah ini merupakan genteng dengan cetakan kotak lurus. Nah, apakah Anda termasuk orang yang berminat pada desain rumah minimalis?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desain Rumah Minimalis – Serba Lurus Tegas