Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

Perencanaan Denah Rumah Minimalis 2 Lantai

Anda menginginkan dan mengangankan memiliki rumah minimalis 2 lantai? Jika Anda memilih membangun rumah sendiri dan tidak membeli rumah jadi, maka sebelumnya Anda harus membuat denah rumah minimalis 2 lantai, agar rumah idaman Anda bisa tercipta sesuai dengan keinginan.

Denah rumah minimalis 2 lantai

Denah rumah minimalis 2 lantai sangat penting Anda miliki sebelum membangun rumah, agar tata letak ruangan lebih tepat guna, sehingga tak ada sejengkal pun lahan tanah yang tersia-siakan. Lalu, bagaimana cara merancang denah rumah minimalis 2 lantai agar pembangunan rumah idaman ini bisa berhasil? Berikut ini beberapa alternatif untuk membuat denah rumah minimalis 2 lantai, yang bisa direkomendasikan bagi Anda yang sedang merancang model rumah minimalis.

  1. Pada denah rumah minimalis 2 lantai, sebaiknya di lantai satu hanya terdapat satu ruang tidur yakni kamar utama, ditambah ruang tamu, kamar mandi, ruangan tengah dan dapur. Kamar-kamar tambahan lainnya bisa diposisikan di lantai atas.
  2. Jika Anda membutuhkan ruang-ruang di lantai satu yang lebih luas dan nyaman, Anda bisa membuat ruang tamu dan ruang keluarga yang lebih lega, dan seluruh kamar tidur berlokasi di lantai atas.
  3. Bisa juga dibalik, yakni ruang keluarga yang luas diposisikan di lantai atas, sedangkan seluruh kamar terletak di lantai bawah. Hal ini dimungkinkan jika Anda menginginkan ruang keluarga atau ruang TV yang nyaman tanpa gangguan. Jika memilih bentuk ini, maka ruang  di lantai atas bisa dibentuk jadi semacam aula mungil tanpa sekat.
  4. Jika Anda memposisikan satu atau dua kamar di lantai atas, agaknya akan lebih baik jika di lantai atas pun terdapat satu kamar mandi. Hal ini untuk kemudahan dan kenyamanan penghuni kamar atas, sehingga tak perlu naik turun tangga untuk ke kamar mandi di malam hari, misalnya.    
  5. Dalam mengatur tata letak di lantai atas, usahakan untuk tetap konsekuen dengan konsep rumah minimalis, yakni tata ruang yang serba sederhana, tidak terlalu banyak warna dan minim ornamen.
  6. Pilihlah warna dinding yang selaras, antara lantai satu dengan lantai dua, sehingga kedua lantai ini benar-benar berbentuk bangunan yang menyatu dalam satu konsep minimalis. Ciptakan pula tangga penghubung lantai satu dan dua yang didesain secara minimalis, namun cukup aman untuk dipergunakan oleh anak-anak.
  7. Pada denah rumah minimalis 2 lantai, pastikan posisi atap rumah -- baik di lantai dasar maupun lantai atas -- cukup tinggi, sehingga tidak pengap. Anda juga bisa menyisakan sedikit space di bagian atas untuk dijadikan tempat tanaman dan area untuk menjemur pakaian. 
Contoh perencanaan denah rumah minimalis 2 lantai

Demikianlah beberapa konsep dasar yang bisa Anda masukkan ke dalam denah rumah minimalis 2 lantai. Jika Anda masih ragu, konsultasikanlah rencana tata ruang dan denah rumah minimalis 2 lantai ini dengan ahlinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perencanaan Denah Rumah Minimalis 2 Lantai