Denah rumah, Interior, Eksterior, Rumah Modern

RAB Rumah Sederhana - cara Menghitung RAB Rumah Minimalis

Rumah minimalis - Dalam membangun sebuah bangunan rumah minimalis, yang perlu Anda perhatikan tidak hanya denah rumah minimalis tersebut saja, tetapi juga ada beberapa pertimbangan dan perhitungan yang harus Anda lakukan sebelum memastikan semuanya. Diantaranya adalah RAB rumah sederhana atau dikenal sebagai rencana anggaran biaya rumah sederhana. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menentukan RAB rumah sederhana, diantaranya akan ditunjukkan dalam penjelasan berikut.

RAB rumah sederhana (Contoh)

Pentingnya Menentukan RAB Rumah Sederhana

Dalam menentukan RAB rumah sederhana, terdapat cara sistem analisis harga satuan dan bangunan, yang dapat Anda lakukan sendiri secara teliti ataupun menggunakan jasa. Hal ini penting sekali dilakukan karena dalam membangun sebuah rumah diperlukan anggaran yang kadang meledak sehingga melebihi budget dalam pembangunan rumah tersebut. Ada juga beberapa orang yang meskipun telah menggunakan RAB rumah sederhana masih tetap mengeluarkan dana berlebihan dalam proses pembangunan. Lepas dari segala kekeliruan dalam menghitung RAB rumah sederhana, tetap diperlukan perhitungan yang jelas dan teliti, dan juga menentukan setiap detail rencana pembangunan sampai tidak ada yang terlewatkan.

Rincian Awal RAB Rumah Sederhana

Hal yang dapat dilakukan dalam rincian awal penentuan RAB rumah sederhana adalah sebagai berikut:

  1. Membuat gambar rumah yang akan dibangun. Tentu penentuan denah akan sangat mempengaruhi perhitungan RAB rumah sederhana. Banyak sekali ditawarkan contoh denah rumah minimalis yang mengangkat konsep sederhana dalam perhitungan lebar, luas, dan tinggi bangunan nantinya yang dapat Anda contoh.
  2. Membuat rencana atau spesifikasi material yang akan digunakan dalam membangun rumah dan juga syarat suatu bangunan tersebut, misalnya Anda memiliki keinginan khusus selama pembangunan.
  3. Membuat tahapan pembangunan yang dapat Anda sesuaikan dengan mandor yang mengkoordinir semuanya.
  4. Mencari daftar harga seluruh material terbaru karena mungkin terjadi kenaikan harga bahan bangunan.
  5. Menghitung analisis satuan harga material karena pasti akan mendapatkan jumlah yang sesuai untuk keseluruhan rumah minimalis yang sedang dikerjakan.
  6. Mengalikan volume dengan analisis harga satuan yang telah didapat dari langkah di atas. Ini akan mendekati pada harga keseluruhan yang akan diperlukan dalam proses membangun rumah.
  7. Dari seluruh harga material, sekarang Anda dapat menjumlahkan total harga keseluruhan sehingga Anda akan mendapat total akhir dari dana yang akan Anda butuhkan dan persiapkan.

Dengan menggunakan panduan RAB rumah sederhana di atas, Anda sekarang dapat memulai untuk merencanakan RAB rumah sederhana Anda sendiri. Pastikan Anda teliti dan telaten dalam mengerjakannya, jika Anda tidak ingin perhitungan RAB rumah sederhana Anda meleset. Jika Anda ingin seluruh pekerjaan mengenai penentuan RAB rumah sederhana dikerjakan oleh orang lain yang ahli, Anda dapat menentukan jasa yang menawarkan pengukuran dan pertimbangan serta konsultasi mengenai RAB rumah minimalis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : RAB Rumah Sederhana - cara Menghitung RAB Rumah Minimalis